Home Nasional Sufmi Dasco Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pakuan

Sufmi Dasco Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pakuan

Bogor, Gatra.com - Ketua Harian DPP Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Pakuan ke-14 di Bidang Ilmu Hukum. Acara pengukuhan itu digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12).

Dalam kesempatan itu, Dasco menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul “Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat”.

“Pemilu merupakan mekanisme utama dan prasyarat bagi demokrasi perwakilan. Upaya mendapatkan ‘mandat rakyat tersebut harus melalui sebuah Pemilu yang jujur dan adil serta beradab,” kata Dasco.

Pemerintahan demokrasi, menurut Dasco, adalah pemerintahan suatu negara yang kekuasaannya mutlak ditentukan oleh rakyat, baik secara langsung maupun melalui perwakilan rakyat.

Rektor Universitas Pakuan Prof. Didik Notosudjono, mengucapkan selamat kepada Dasco. “Kualitas SDM di Universitas Pakuan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi,” katanya.

Prof. Didik menambahkan, berdasarkan nilai-nilai luhur yang dipegang Universitas Pakuan, yakni Pancasila, Keilmuan, Silih Asih, Silih Asah dan Silih Asuh yang diturunkan melalui visi Unggul, Mandiri dan Berkarakter, Universitas Pakuan hendak turut serta dalam pembangunan nasioal dan daerah.

“Tidak hanya mencerdaskan putra-putri bangsa melalui pelayanan pendidikan tingkat diploma, sarjana, magister dan doktor,” tuturnya.

58