Home Teknologi Elon Musk Targetkan Chip Otak Buatannya Segera Diuji Pada Manusia

Elon Musk Targetkan Chip Otak Buatannya Segera Diuji Pada Manusia

Jakarta, Gatra.com-Miliarder Elon Musk belum berhenti membuat sensasi. Kali ini, ia berambisi agar chip otak buatannya segera bisa masuk tahap uji klinis. Neuralink, perusahaan pembuat chip otak milik Elon itu rencananya akan menguji pemasangan chip otak di kepala Elon.

Dalam sebuah presentasi Neuralink berjudul “Show and Tell” Rabu (30/11), Musk menyebut uji klinis pada manusia akan dimulai dalam enam bulan kedepan setelah mendapat persetujuan U.S. Food and Drug Administration.

“Kamis sangat berhati-hati dan yakin akan berfungsi dengan baik sebelum memasang perangkatnya pada manusia,” ungkap Musk, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (2/1).

Baca jugaElon Musk Akan Pamerkan Robot Humanoid Tesla Usai Ditunda

Neuralink pertamakali dikenalkan kepada public pada 2016 lalu. Elon Musk dan sejumlah ilmuwan serta insinyur. Mereka kemudian mengembangkan antarmuka otak-komputer yang menghubungkan otak manusia ke computer yang mampu mengurai sinyal syaraf pada tubuh manusia.

Elon menginvestasikan puluhan juta dolar kekayaannya pada teknologi ini. Menawarkan sebuah teknologi yang dapat membantu penderita lumpuh untuk dapat kembali berjalan. Sekaligus membantu otak mengontrol perangkat computer secara nirkabel. Musk bahkan mengklaim, chip otak Neuralink bisa membantu tunanetra kembali melihat, serta diharpakan mampu menyembuhkan autism dan skizofrenia. Ukurannya kecil, sebesar koin dengan kabel tipi yang didesain mampu ditanamkan pada tengkorak

“Kami percaya bisa memulihkan penglihatan mereka yang dilahirkan buta,” tambah Musk.

Baca jugaElon Musk Pangkas Hampir Separuh Pekerja Twitter?

Ujicoba klinis chip otak Neuralink memang beberapa kali sempat tertunda. Sebelumnya, pernah dijadwalkan pada 2019 dan 2021. Tahun lalu, Neuralink memamerkan sebuah video monyet percobaan yang ditanam implant pada otaknya. Monyet itu mampu memainkan game Pong, hanya dengan kekuatan pikiran.

Terbaru, seekor monyet juga nampak dalam sebuah video mampu mengetik menggunakan mouse dan keyboard digital. Monyet bernama Sake itu mengetik hanya dengan kekuatan pikiran. Selain monyet, Neuralink juga mengujicoba chip otak pada babi.

89