Home Hiburan Pupuk Kaltim Gelar Pameran Seni Sebagai Wujud Kepedulian Untuk Seniman

Pupuk Kaltim Gelar Pameran Seni Sebagai Wujud Kepedulian Untuk Seniman

Jakarta, Gatra.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bekerja sama dengan 12 penyair dan 14 pelukis Indonesia menyelenggarakan pameran seni rupa yang bertajuk "Bentang Bontang" di Sarinah, Jakarta Pusat.

Menurut Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi, tujuan dari penyelenggaraan pameran tersebut adalah dalam rangka menyambut HUT ke-45 PKT. Selain itu, PKT juga hendak memberikan apresiasi kepada para seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia

"PKT ingin memperlihatkan sisi yang berbeda dari sebuah industri yang dapat dirasakan oleh masyarakat melalui sentuhan karya seni yang dihadirkan pameran ini," kata Rahmad kepada Gatra.com, Jumat (02/12).

PKT, lanjut Rahmad, juga mengajak para perupa dan penyair untuk berkunjung langsung ke Kota Bontang pada awal bulan Juni lalu. Mereka sekaligus melihat bagaimana hubungan yang harmonis antara PKT dan Kota Bontang.

Dari kunjungan tersebut, para perupa dan penyair kemudian diberi waktu beberapa minggu untuk membuat karya seninya.

Salah satunya adalah karya seni dari Hari Budiono, seorang pelukis yang berkesempatan menghadirkan tiga karya seninya pada pameran tersebut.

Hari Budiono menjelaskan hasil karya lukisnya menggambarkan bagaimana sebuah pabrik yang besar dan terlihat angkuh, tetapi kedekatan dengan lingkungan masyarakat Bontang.

"Saya melihat ada keseimbangan ekologi antara industrial dan kemanusiaan," ucap Hari.

64