Home Pendidikan Inovasi Mahasiswa di JR-Rovation 2022 Didukung Mendapat Hak Paten

Inovasi Mahasiswa di JR-Rovation 2022 Didukung Mendapat Hak Paten

Jakarta, Gatra.com - Jasa Raharja berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam upaya peningkatan keselamatan jalan. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menggelar kompetisi JR-Rovation 2022 (Jasa Raharja Road Safety Innovation).

Kompetisi JR-Rovation 2022 mempertandingkan dua kategori yaitu: Sains yang berkeselamatan dan Sosial yang berkeselamatan.  Sejak awal digelar, kompetisi ini menerima sebanyak 171 peserta yang berasal dari 25 perguruan tinggi di Indonesia yang telah melewati beberapa fase seleksi, hingga terpilih 10 finalis.

Finalis kemudian mempresentasikan secara langsung ide inovatif-nya di hadapan dewan juri yang terdiri dari Rio Octaviano dari Road Safety Association, Fitra Eri selaku Jurnalis/Pemerhati Otomotif, serta perwakilan sponsor diantaranya: Astra Honda Motor (AHM), Wuling Motor, Amazon Web Service (AWS), dan World Health Organization, di The Ice Palace, Jakarta pada tanggal 1 Desember 2022.

Setelah melalui perundingan yang seksama, dewan juri pun sepakat untuk mengumumkan 3 besar pemenang untuk masing-masing kategori yaitu:

Kategori sains:

Juara 1: Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

Juara 2: Universitas Negeri Yogyakarta 

Juara 3: Universitas Negeri Semarang 

Kategori sosial:

Juara 1: Universitas Gadjah Mada 

Juara 2: Universitas Bengkulu 

Juara 3: Institut Teknologi Bandung

“Dengan digelarnya kompetisi ini, diharapkan dapat mendorong peserta untuk menjadi inovator bangsa yang handal melalui pembekalan-pembekalan materi yang bermanfaat, sehingga melalui ide-ide inovasi yang terlahir dari para peserta ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menekan tingkat kecelakan di jalan,” tutup  Munadi Herlambang - Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, lewat siaran pers, Jumat (2/12/2022).

Tak hanya berhenti di sini, Jasa Raharja pun berkomitmen untuk membantu para pemenang dalam mengembangkan inovasinya, termasuk membantu dalam proses inkubasi ide, memfasilitasi kolaborasi antara inovator dan pelaku industri otomotif selaku user, hingga membantu mendaftarkan idenya ke Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Hak Paten.

364