Home Pendidikan Pemerintah Siapkan Dukungan Pendanaan Bagi SMK PK

Pemerintah Siapkan Dukungan Pendanaan Bagi SMK PK

Jakarta, Gatra.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) didorong untuk dapat bertransformasi menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). Nantinya, SMK PK yang hadir akan diarahkan untuk skema pemadanan dukungan (SPD).

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Saryadi mengatakan, saat ini sudah ada1.401 SMK PK yang memenuhi syarat untuk menerima skema pemadanan dukungan,

“Program SMK PK SPD merupakan mekanisme pengembangan SMK PK yang berbasis kemitraan dan penyelarasan dengan partisipasi dari dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja. Dimana SMK PK tersebut nantinya didukung dari pendanaan APBN dan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja,” kata Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Saryadi, di Jakarta, Jumat (2/12).

Selain itu, Saryadi juga menerangkan di tahun ini, telah ada 349 dunia usaha dan dunia industri yang telah bersinergi dengan satuan pendidikan di daerah dengan investasi sebesar Rp439 miliar. Kedepan, pemerintah akan terus berkomitmen mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi, melalui SMK PK SPD.

“Ini akan terus kita lakukan guna mengolaborasikan sektor pendidikan dengan industri agar dapat menghasilkan SDM yang unggul, tangguh, dan relevan dengan kebutuhan industri,” paparnya.

Hal ini, diakui Saryadi juga telah sejalan dengan instruksi Presiden yang dituangkan dalam Peraturan Presiden tentang Implementasi Pendidikan Vokasi. “Pendidikan vokasi menjadi salah satu fokus pemerintah dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Untuk itu, Presiden menaruh harapan besar untuk kemajuan pendidikan vokasi,” ujarnya.

55