Home Teknologi Pemerintah Latih 12 Desa Adat Bali Pemahaman Literasi Digital

Pemerintah Latih 12 Desa Adat Bali Pemahaman Literasi Digital

Jakarta, Gatra.com- Pelatihan program Matching Fund Kemendikbudristek melatih 12 desa adat Bali terkait pentingnya praktik literasi digital. Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso mengatakan,  literasi digital masyarakat di 12 desa adat diliterasi oleh Universitas Bali Internasional dan relawan TIK.

“Kegiatan pelatihan menyasar sektor pendidikan untuk akademisi dan mahasiswa serta guru dan siswa SMK yang ada di Indonesia,” ujar Bambang dalam keterangannya, Jumat (2/12).

Sebanyak 380 peserta hadir dalam pelatihan baik online maupun offline dengan materi berdasarkan empat pilar literasi digital yaitu kecakapan digital, kemaman digital, budaya digital, dan etika digital. Dia menerangkan, Literasi Digital sektor pendidikan bertujuan untuk menaikkan jumlah orang yang terliterasi dari tahun ke tahun.

Perkembangan tersebut diharapkan dapat mengurangi penyebaran hoaks, berkurangnya kerugian masyarakat akibat penipuan dalam transaksi daring, terhindarnya dari pencurian data pribadi dan hilangnya budaya tidak produktif dan memicu permusuhan antar masyarakat.

"Kegiatan literasi digital penting untuk masyarakat karena kemajuan teknologi sudah begitu pesat dan kita dituntut untuk bisa mengikuti kemajuan tersebut," jelasnya.

Ditrambaghkan, Wakil Rektor 1 Universitas Bali Internasional, I Gusti Ngurah Mayun, pentingnya pemanfaatan sistem digital bagi pelaku usaha. Mereka dituntut lebih cakap dalam menggunakan ruang digital oleh karena itu menjadi sebuah tantangan bagi pelaku usaha di Industri 4.0.

Dia menyebut trend pemanfaatan teknologi informasi di dunia terus berkembang secara masif. Pengguna Internet Indonesia mencapai 202 juta pengguna dan perubahan gaya hidup yang menjadi serba digital sehingga memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan berbagai aktivitas.

"Maka dari itu kita harus cakap dalam menggunakan internet untuk para pelaku usaha Industri 4.0 ini,” ujarnya.

52