Home Olahraga Poin Sama Dengan Uruguay, Kok Bisa Korea Selatan Lolos?

Poin Sama Dengan Uruguay, Kok Bisa Korea Selatan Lolos?

Jakarta,Gatra.com-Layaknya drama korea, kemenangan tim nasional Korea Selatan atas tim besar bertabur bintang Portugal rasanya sulit dipercaya. Bersama dengan Jepang dan Australia, Korea Selatan memastikan para wakil Asia akan berlaga di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebenarnya, Ghana hanya butuh hasil imbang atas Uruguay demi memastikan lolos ke babak 16 besar. Namun, kekalahan 2-0 membuat peta persaingan berbalik menjadi keunggulan Korea yang menang 2-1 atas Portugal saat berlaga di Stadion Education City, Jumat (3/12). 

Dengan hasil itu, Uruguay mengoleksi total 4 poin, jumlahnya sama dengan poin yang didapat Korea Selatan. Tapi, kenapa Korea Selatan yang lolos mendampingi Portugal yang mengoleksi total 6 poin?

Caption

Mengoleksi 6 poin, cukup bagi Portugal memuncaki grup H. Bahkan mereka sudah memastikan lolos babak 16 besar ketika melakoni laga kedua, modal hasil kemenangan atas Ghana dan Uruguay. Sementara Korea Selatan dan Uruguay sama-sama mengantongi 4 poin, dengan selisih gol yang juga sama-sama nol.

Nah, untuk menjawabnya kita harus tahu dulu regulasi penentuan posisi klasemen dalam Piala Dunia 2022 jika ada dua atau lebih tim yang memiliki poin sama antara lain:

1. Selisih gol keseluruhan

2. Jumlah gol yang dicetak

3. Hasil head to head

4. Selisih gol di semua pertandingan tim yang poinnya sama

5. Gol yang dicetak pada semua pertanian tim yang poinnya sama

6. Poin fair play

7. Undian

JIka mengacu pada regulasi tersebut, jelas Korea Selatan berhak lolos karena unggul agresivitas gol. Korea Selatan total mengantongi 4 gol, kebobolan 4 gol. Sementara Uruguay total mengantongi 2 gol, kebobolan 2 gol.

 

1485