Home Pendidikan Arena Olahraga Kampus Bisa Tingkatkan Atmosfer Pendidikan Non Akademis

Arena Olahraga Kampus Bisa Tingkatkan Atmosfer Pendidikan Non Akademis

Jakarta, Gatra.com- Pemenuhan fasilitas pendidikan akademik maupun non akademik berdampak pada pemeringkatan kampus. Disampaikan Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan, kampus yang ditunjang oleh fasilitas yang mumpuni maka akan mempunyai poin plus dalam penilaian pemeringkatan perguruan tinggi nasional maupun internasional.

“Karena fasilitas yang kampus yang baik, akan meningkatkan atmosfer pendidikan didalamnya,” ujar Agustinus dalam keterangannya di Kampus Untar Jakarta, Sabtu (3/12).

Saat ini pun, Agustinus mengaku bahwa pihaknya tengah menyiapkan apa-apa saja yang menjadi penilaian dalam pemeringkatan kampus dunia di QS Ranking. Salah satu yang tengah disusun adalah keberadaan fasilitas penunjang kegiatan akademis maupun non akademis.

Guna menunjang penilaian tersebut, Untar pun secara resmi membuat arena olahraga yang dinamakan Tarumanagara Arena. Diharapkan, keberadaan Tarumanagara Arena ini juga mampu menaikan atmosfer pendidikan dari segi non akademis.

“Aktivitas non akademis dalam bentuk olahraga ini pun diharapkan meningkatkan kompetensi mahasiswa pula,” ujar Agustinus.

Arena tersebut juga ditargetkan bisa meningkatkan capaian Untar sebagai perguruan tinggi. Bahkan, Agustinus menyebut, keberadaan fasilitas arena olahraga ini bisa menjadi pintu masuk pendorongan agar kampus bisa mengakomodir atlet sebagai mahasiswa. Caranya, Agustinus tengah mewacanakan adanya beasiswa khusus untuk atlet.

“Saya pernah bicara juga dengan Susi [Susanti] dan Alan [Budi Kusuma] soal ini. Saya juga sudah komunikasi dengan KONI untuk menggalakkan atlet berkuliah,” ujarnya.

38