Home Sumbagsel Dukung SDGs, Semen Baturaja Raih Sejumlah Penghargaan

Dukung SDGs, Semen Baturaja Raih Sejumlah Penghargaan

Palembang, Gatra.com – Di penghujung 2022, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. meraih beberapa penghargaan atas kinerja dan program-program perusahaan yang telah dijalankan dalam ajang Indonesia SDGs Award (ISDA) 2022. Perseroan tersebut berhasil meraih atas konstribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Direktur Produksi & Pengembangan Suherman Yahya, dianugerahi kategori terbaik 1 direksi atas kontribusinya dalam pencapaian SDGs dengan Program SDGs Perseroan. Selain itu, SMBR pun meraih penghargaan Kategori Gold the Most Committed Corporate for SDGs on Environment Development Pillar dengan Program Pemanfaatan Limbah B3.

“Semen Baturaja konsisten dan berhasil dalam mewujudkan program pembangunan keberlanjutan terutama dalam pelestarian lingkungan. Salah satunya dalam program kami terkait Program Pemanfaatan Limbah B3,” ujar Suherman dalam keterangan rilis yang diterima Gatra.com, Jumat (2/12).

Baca Juga: Berikut Pemenang Gelaran TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

Penghargaan lainnya yang diraih Perseroan adalah ajang pemeringkatan laporan keberlanjutan tingkat Asia (Asia Sustainability Reporting Rating/ASRRAT) 2022 oleh National Center for Corporate Reporting (NCCR) baru-baru ini.

Ajang penghargaan yang telah berjalan selama 18 tahun ini juga diikuti oleh negara lain, yaitu Bangladesh, Filipina, Australia, dan Rusia. Tema yang diangkat ‘Pathway To Circular Economy’ tersebut dinilai relevan dengan upaya dalam mencapai TPB Semen Baturaja mendapat peringkat Gold atas Laporan Keberlanjutan yang diterbitkan pada Tahun Buku 2021. Kontribusi Perseroan terhadap pembangunan keberlanjutan serta pencapaian kinerja ESG harus dapat dikomunikasikan kepada publik melalui Laporan Keberlanjutan yang disajikan sesuai standar yang berlaku secara internasional seperti misalnya standar Global Reporting Initiative (GRI).

Dalam kesempatan itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Tubagus Muhammad Dharury didampingi oleh Vice President Corporate Secretary, Doddy Irawan, menerima penghargaan ASRRAT 2022 secara langsung yang diberikan oleh Ketua NCCR, Dr. Ali Darwin.

Baca Juga: Dorong Pembangunan Berkelanjutan, Tri Hita Kirana Forum Galang Dana Capai US$30 Miliar

SMBR juga meraih penghargaan Industri Hijau Kinerja Terbaik Tahun 2022 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi menyampaikan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi perusahaan-perusahaan industri yang telah mewujudkan industri hijau dan telah memperlihatkan komitmennya dalam menerapkan prinsip-prinsip industri hijau secara konsisten dan berkelanjutan.

“Kementerian Perindustrian rutin menyelenggarakan program penghargaan Industri Hijau yang penilaiannya menggunakan indikator kinerja yang terukur, objektif, dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas dia.

73