Home Nasional Pengamat: Penunjukan Yudo Margono Sesuai Kebutuhan TNI Saat Ini

Pengamat: Penunjukan Yudo Margono Sesuai Kebutuhan TNI Saat Ini

Jakarta, Gatra.com – Komisi I DPR menyetujui penunjukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI. Persetujuan tersebut diberikan setelah Komisi I DPR melakukan rapat internal di Gedung DPR pada Jumat (2/12). Dalam kesempatan tersebut, Yudo Margono menjalani fit and proper test di hadapan legislator.

Pengamat militer Wibisono menyatakan, keterpilihan Yudo Margono sebagai Panglima TNI sesuai prediksi banyak pihak terutama analis pertahanan. “Sejak awal saya memprediksi Pak Yudo bakal jadi [Panglima], dan Komisi I sudah pasti setuju,” kata Wibisono kepada Gatra.com.

Dirinya berharap, Laksamana Yudo akan meneruskan pencapaian positif yang diberikan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. “Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Pak Yudo Margono atar terpilihnya menjadi calon tunggal Panglima TNI berikutnya, karena momentumnya sangat tepat untuk kebutuhan organisasi TNI ke depan,” ujar Wibisono.

Pria yang karib disapa Wibi itu menyatakan, terdapat sejumlah ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang akan dihadapi negara di masa mendatang. Karena itu, TNI punya peran sebagai garda terdepan dalam mengatasi dinamika ancaman tersebut. “Ada ancaman di Natuna Utara, sengketa Pulau Pasir dengan Australia, ini tentu membutuhkan penyelesaian terutama untuk mengamankan wilayah maritim yang sangat luas,” paparnya.

Wibi menyebut, kepemimpinan Yudo terlihat dalam kiprahnya yang menonjol dalam hal penanganan Covid-19. Sepanjang pandemi, TNI Angkatan Laut aktif mengerahkan KRI untuk menjangkau daerah-daerah kepulauan terpencil untuk distribusi bantuan ekonomi, termasuk melaksanakan serbuan vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, untuk menekan penyebaran virus Covid-19, TNI AL membangun sarana dan prasarana berupa tempat isolasi terpusat (ISOTER), penyediaan oksigen generator, melaksanakan donor konvalesen dan sebagainya. “Beliau sangat cekatan dalam l penanganan Covid-19, dengan [misi] serbuan vaksin sampai ke daerah terpencil menggunakan fasilitas Angkatan Laut serta dengan tegas menangkap penyelendup narkoba dan kapal ikan yang memasuki wilayah laut RI,” ucap Komisaris PT Biotech itu.

Karena itu, ia meyakini Yudo Margono akan membawa perubahan besar di tubuh TNI dengan gaya kepemimpinannya yang “tidak neko-neko”. “Saya berharap TNI semakin kuat dan tangguh dibawah pimpinan Yudo Margono yang dikenal ahli lapangan tempur ini,” pungkas Wibisono.

103