Home Kebencanaan Konser Amal 100 Hits Peduli Gempa Cianjur, Terkumpul Rp550 Juta

Konser Amal 100 Hits Peduli Gempa Cianjur, Terkumpul Rp550 Juta

Jakarta, Gatra.com - Gempa berkekuatan 5,8 skala richter (SR) yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, hampir dua pekan lalu mengundang simpati masyarakat di luar wilayah yang tertimpa gempa, termasuk masyarakat Ibu Kota Jakarta.

 

Berlokasi di salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, sejumlah musisi Tanah Air tampil dalam "Konser Amal 100 Hits untuk Cianjur" secara sukarela alias tanpa dibayar pada Minggu, (4/12/2022).

 

Kegiatan diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bersama pendukung yang lain, yaitu Swara, DSS Music, KitaBisa, dan Lippo Mall Kemang.

 

Sejumlah nama besar di blantika musik Tanah Air turut menampilkan persembahan yang dikhususkan untuk masyarakat Cianjur. Beberapa di antaranya adalah group band GIGI, Kaka Slank, hingga D'Cinnamons.

 

Salah satu penyelenggara konser ini, yaitu Don Sistem Suara (DSS) Music menyampaikan bahwa kegiatan ini murni untuk keperluan amal bagi masyarakat yang terdampak gempa Cianjur.

 

Pendiri DSS Music, Donny Hardono mengungkapkan bahwa dirinya senang dan bersyukur banyak musisi yang secara sukarela terlibat dalam kegiatan amal ini.

 

"Saya turut berterima kaaih kepada semua yang tampil karena pro bono. Enggak ada yang dibayar satu pun," kata Donny kepada Gatra.com di lokasi konser.

 

Donny menyebut bahwa ini bukan pertama kalinya DSS Music melakukan kegiatan konser amal untuk korban bencana alam. Empat tahun lalu, DSS juga menyelenggarakan kegiatan serupa untuk mendulang bantuan finansial bagi warga terdampak gempa Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Kala itu, kata dia, DSS sukses menggalang donasi total kurang lebih sebesar Rp21 miliar.

 

Sementara untuk kegiatan amal DSS Music kali ini, Donny menyebut untuk sementara saat ini sudah terkumpul dana donasi sejumlah Rp550 juta hingga pukul 14.00 WIB. Angka itu bisa bertambah mengingat acara donasi ini masih akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB malam nanti.

 

Donny pun berharap demikian. Kian malam, jumlah uang donasi kian bertambah. "Harapannya ya donasinya banyak karena untuk kepentingan musibah," katanya.

 

Donny tak lupa memberikan pesan-pesan kepada warga Cianjur yang terdampak gempa. Ia berharap apa yang dilakukan oleh DSS Music pada kegiatan konser amal kali ini bisa membantu meringankan beban mereka.

 

"Kita akan support sebisa kita. Kami musisi, kami seniman, ini yang bisa kita perbuat. Saya sebagai [pendiri] DSS Music, semua saya kerahkan," tandas Donny.

 

516