Home Sulawesi Stadion Tak Kunjung Dibangun Usai Dihancurkan, Penggemar Bola Rusuh, Gerudug Kantor Gubernur

Stadion Tak Kunjung Dibangun Usai Dihancurkan, Penggemar Bola Rusuh, Gerudug Kantor Gubernur

Makassar, Gatra.com - Ratusan suporter PSM yang tergabung dalam Aliansi Peduli Mattoanging berunjuk rasa di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo. Mereka kecewa lantaran pembangunan Stadion Mattoanging tak dibangun setelah rata dengan tanah.

Dalam poster digital yang beredar, Aliansi Peduli Mattoanging menuliskan 'Gubernur Pembohong Kami Datang' dengan tagar Stadion tidak hadir gubernur berakhir.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel sudah menganggarkan pembangunan Stadion sebesar Rp66 miliar pada 2022. Namun, hingga penghujung tahun tak ada progres lantaran tak ada perusahaan yang memenuhi syarat. Masalah lain, masih ada persoalan perdata yang menyelimuti Stadion Mattoanging.

Mereka melakukan aksi jalan kaki dari Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat hingga ke Kantor Gubernur Sulsel Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar.

Tampak para pengunjuk rasa merangsek masuk ke dalam kantor gubernur dengan merusak pagar. Mereka menerobos masuk ke dalam gedung dan meminta gubernur bertanggung jawab.

Sambil membentangkan spanduk dan meneriakkan yel-yel, mereka melempar puluhan bola ke arah Satpol PP dan Polisi yang berjaga.

Pengunjuk rasa yang memegang bendera pun saling bersitegang dengan aparat kemanan. Dalam suasana kerumunan aksi saling pukul pun tak terelakkan. Sejumlah fasilitas seperti kaca depan kantor gubernur, vas bunga dan meja pun hancur.

Setelah itu, aparat keamanan berhasil memukul mundur para demonstran dan dipaksa keluar gedung sehingga kembali terjadi aksi pelemparan dan perkelahian di luar.

"Kami sudah bosan dijanji. Stadion, mana stadion. Mattoanging harga mati," teriak salah satu pengunjuk rasa, Senin (5/12).

Hingga kini, suasana sudah dalam keadaan kondusif. Para pengunjuk rasa sudah membubarkan diri.

Terkait adanya demo tersebut, pihak Pemda menuding para pengunjuk rasa takmengantongi ijin dari pihak berwajib.  "Ini perbuatan pidana. Mereka tidak ada izin untuk demo," ungkap salah satu anggota Satpol PP.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulsel, Amson Padolo mengatakan pihaknya sudah kembali menganggarkan pembangunan Stadion Mattoanging pada 2023 sebesar Rp60,7 miliar.

Amson Padolo mengatakan hal ini menyusul informasi yang beredar jika pembangunan Stadion Mattoanging sebesar Rp200 miliar untuk 2023. “Kami sudah komunikasi dengan BKAD, dan Dispora Sulsel itu Rp60 miliar,” ujar Amson.

55