Home Olahraga Menko Polhukam, Menpora, dan Kapolri Pastikan Liga 1 Tetap Diadakan

Menko Polhukam, Menpora, dan Kapolri Pastikan Liga 1 Tetap Diadakan

Jakarta, Gatra.com - Menteri Kooordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD; Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali; dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan kompetisi sepak bola Liga 1 tetap diadakan.

Mahfud MD menyampaikan PSSI dan Menpora akan bersama-sama bertugas mengendalikan kegiatan liga. Adapun Polri akan tetap menangani wilayah keamanan selama pertandingan berlangsung. Hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam pembicaraan yang dilakukan oleh pemerintah dan FIFA.

Meski demikian, kata Mahfud, liga akan berlangsung tanpa ada penonton yang menyaksikan. Di sisi lain, proses hukum terkait Tragedi Kanjuruhan akan terus berjalan.

“Reformasi sepak bola nasional berlangsung seusai kesepakatan yang dilakukan pemerintah. Rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan sudah dijalankan,” kata Mahfud dalam Press Update Menko Polhukam Terkait Liga 1 di YouTube, Senin (5/12).

Kapolri Listyo menyatakan kepolisian mendukung kompetisi sepak bola nasional dan akan melakukan evaluasi dan persiapan yang lebih matang. “Terkait aturan-aturan FIFA kita perjelas, termasuk penggunaan gas air mata,” kata Listyo.

Listyo mengumumkan pihaknya akan mendukung diselesaikannya sisa kompetisi dan kegiatan sepak bola ke depannya. “Harapannya kompetisi bisa berjalan lebih baik dengan standar pengamanan yang lebih baik,” tuturnya.

 

86