Home Olahraga Mengenal Bono, Pahlawan Maroko, Biasa Tepis Penalti, Juga Bisa Bikin Gol

Mengenal Bono, Pahlawan Maroko, Biasa Tepis Penalti, Juga Bisa Bikin Gol

Ar Rayyan, Qatar, Gatra.com-  Maroko melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2022 setelah menekuk Spanyol lewat tostosan penalti, 07/12. Pahlawan Maroko adalah kiper Yassine Bounou- dikenal sebagai Bono-, 31 tahun (lahir 5 April 1991). Kiper Maroko itu bermain penjaga gawang klub La Liga Sevilla. 

Dia menghabiskan sebagian besar karirnya di Spanyol, membuat lebih dari 100 penampilan La Liga untuk Girona dan Sevilla, dan 56 penampilan di Segunda División untuk Zaragoza dan Girona. Dia memenangkan Liga Eropa UEFA bersama Sevilla pada tahun 2020 .

Menjadi pemain internasional penuh untuk Maroko sejak 2013, Bono mewakili negaranya di dua Piala Dunia FIFA dan tiga turnamen Piala Afrika . Dia sebelumnya bermain untuk tim U-23 di Olimpiade 2012 .

Lahir di Montreal, Quebec, Kanada dari orang tua Maroko, Bono pindah ke Maroko pada usia dini, dan melakukan debut seniornya bersama Wydad Casablanca pada 2011, setelah dipromosikan ke tim utama setahun sebelumnya.

Pada 14 Juni 2012, Bono pindah ke klub La Liga Atlético Madrid, awalnya ditempatkan di tim cadangan di Segunda División. Dia tampil reguler untuk tim di bangku cadangan sebagai kiper ketiga, dan menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun pada 31 Mei 2013.

Pada musim panas 2014, setelah mendapat keuntungan dari kepergian Thibaut Courtois dan Daniel Aranzubia, dia secara definitif dipromosikan ke skuad utama. Dia melakukan debut tim utama pada 24 Juli 2014, dalam kemenangan persahabatan pramusim 1-0 melawan CD Numancia.

Pada 1 September 2014, Bono dipinjamkan ke Real Zaragoza Segunda División, dalam kesepakatan selama satu musim. Dia disingkirkan oleh Óscar Whalley, menyusul kekalahan 5–3 di UD Las Palmas. Di babak play-off,  setelah penampilan Whalley menyebabkan kekalahan kandang 0–3 dari Girona FC di leg pertama, Bono menggantikannya di leg kedua untuk menang 4–1 dan melaju dengan gol tandang. Zaragoza kalah di final dengan aturan yang sama dari UD Las Palmas. 

Pada 12 Juli 2016, Bono menandatangani kontrak dua tahun permanen dengan sesama tim liga Girona. Dia memainkan tepat setengah dari pertandingan di musim pertamanya - berbagi dengan René Román - saat mereka dipromosikan di tempat kedua . Pada Januari 2019, sekarang menjadi pilihan pertama di klub papan atas, dia memperpanjang kontraknya hingga Juni 2021.

Pada 2 September 2019, setelah mengalami degradasi bersama Catalan, Bono bergabung dengan Sevilla FC di kasta teratas, dengan status pinjaman selama satu tahun. Pilihan kedua untuk Tomáš Vaclík di musim liga, dia bermain secara reguler di piala domestik dan saat tim memenangkan Liga Eropa UEFA 2019–20.

Dia mendapatkan pujian atas penampilannya melawan Wolverhampton Wanderers di perempat final saat dia menyelamatkan penalti dari Raúl Jiménez untuk meraih kemenangan 1-0, juga dalam kemenangan 2-1 di semifinal atas Manchester United. Juga penyelamatan akhirnya yang menentukan berhadapan dengan Romelu Lukaku yang berhadapan satu lawan satu, untuk memenangkan final 3-2 melawan Inter Milan. 

Pada 4 September 2020, Bono menandatangani kontrak permanen berdurasi empat tahun dengan tim Andalusia. Tanggal 21 Maret tahun berikutnya, di menit terakhir pertandingan melawan Real Valladolid, dia mencetak gol pertamanya sebagai penjaga gawang profesional untuk mengamankan hasil imbang 1–1.

Bono memenuhi syarat untuk mewakili Kanada atau Maroko, tetapi memilih untuk mewakili yang terakhir. Tampil bersama tim U-20 di Turnamen Toulon 2012 , bermain dalam satu pertandingan selama kompetisi berlangsung. Dia juga terpilih dalam skuad 18 pemain U-23 untuk Olimpiade Musim Panas 2012, tetapi bertindak sebagai cadangan Mohamed Amsif selama turnamen, di mana Maroko tersingkir di babak penyisihan grup.

Pada Mei 2018 Bono masuk dalam skuat 23 pemain Maroko untuk Piala Dunia di Rusia. Pada Piala Afrika 2019 di Mesir dia menjadi pilihan pertama untuk tim Hervé Renard, menjaga clean sheet dalam kemenangan 1-0 atas Namibia dan Pantai Gading untuk lolos ke babak 16 besar.

Bono juga dipanggil untuk Piala Afrika 2021 di Kamerun. Di turnamen tersebut, dia menjadi berita utama karena pembelaannya terhadap bahasa Arab dan penolakannya untuk berbicara kepada pers dalam bahasa lain.

Pada 10 November 2022, Bono masuk dalam skuad 26 orang Maroko untuk Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.Bono melakukan dua penyelamatan selama babak 16 besar adu penalti melawan Spanyol , membawa Maroko lolos ke perempat final untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

738