Home Internasional Putin Kumpulkan Pejabat Negara Pasca Serangan Drone Ukraina

Putin Kumpulkan Pejabat Negara Pasca Serangan Drone Ukraina

Moskow, Gatra.com - Presiden Vladimir Putin pada hari Selasa menggelar pertemuan dengan pejabat tinggi Rusia membahas mengenai situasi keamanan negara, setelah Kremlin menyebut adanya serangan terbaru pesawat tak berawak dari Ukraina, yang menimbulkan ancaman bahaya bagi negara.

AFP, Selasa (6/12) melaporkan, sehari sebelumnya pihak berwenang Rusia mengatakan bahwa sebuah pesawat tak berawak telah menyerang di dekat lapangan terbang di wilayah Kursk Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina. Kejadian itu sehari setelah Moskow menyalahkan Kyiv atas serangan pesawat tak berawak di dua lapangan terbang lainnya.

Serangan pesawat tak berawak hari Senin itu sangat tidak biasa karena kedua lokasi tersebut berjarak ratusan kilometer dari perbatasan Ukraina. 

Baca Juga: Rudal Rusia Targetkan 40 Daerah di Ukraina, Drone Kamikaze Iran Membantu

Kremlin mengatakan pada hari Selasa bahwa Putin mengadakan pertemuan Dewan Keamanannya untuk membahas bagaimana memastikan "keamanan domestik" negara. Tidak ada detail keterangan lain yang diberikan.

Berbicara kepada wartawan secara terpisah, juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan pihak berwenang mengambil tindakan yang "diperlukan" untuk melindungi negara dari serangan Ukraina.

"Tentu saja, garis yang secara terbuka dinyatakan oleh rezim Ukraina untuk melanjutkan aksi teroris semacam itu merupakan ancaman bahaya," kata Peskov kepada wartawan, ketika ditanya tentang serangan pesawat tak berawak.

Selasa pagi, Gubernur Kursk Roman Starovoyt mengatakan bahwa akibat serangan pesawat tak berawak di dekat lapangan terbang setempat, sebuah tangki penyimpanan minyak terbakar. Tidak ada korban jiwa dan Starovoyt tidak disebutkan dari mana drone itu berasal. 

Baca Juga: Armada Rusia Diserang Drone Ukraina, 5 Terluka

Pada hari Senin, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina berusaha menyerang lapangan udara Dyagilevo di wilayah Ryazan tengah dan lapangan udara Engels di wilayah Saratov dengan drone buatan Soviet.

Engels adalah pangkalan pesawat strategis negara yang menurut Kyiv telah digunakan untuk menyerang Ukraina.

Akibat serangan itu, tiga tentara tewas dan empat lainnya luka-luka, kata kementerian itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Dua pesawat juga rusak ringan.

Kremlin dilaporkan tertutup memberikan keterangan terhadap dampak dari korban manusia dan kerugian material, selama terjadinya serangan Moskow di Ukraina.

114