Home Gaya Hidup Tips Memilih Private Investigator

Tips Memilih Private Investigator

Jakarta, Gatra.com - Investigator atau detektif merupakan profesi yang mungkin familiar bagi Anda pecinta film action atau misteri. Tapi pada faktanya pekerjaan ini memang ada di Indonesia. Tugasnya untuk mengungkap fakta dan rahasia yang diinginkan oleh client-nya.

Walau pun begitu, ada hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan jasa private investigator agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan tidak tertipu akan layanan jasa tersebut.

Untuk memilih private investigator atau detektif swasta, pemilik perusahaan Aman Sentosa Investigation Agency, Jubun menjelaskan bahwa setidaknya 3 aspek yang harus diperhatikan saat memilih detektif swasta/ private investigator.

Berikut beberapa diantaranya:

Perusahaan Jelas

Pemiliknya harus jelas. Perusahaannya jelas. Kantornya jelas (walaupun sekarang banyak yang sewa kantor maya alias virtual office). Identitasnya jelas dan bersedia diajak ketemuan. Seorang Private Investigator tidak berarti harus serba misterius. Tidak mungkin Anda menyerahkan uang kepada sosok yang misterius.

Apabila Anda menyerahkan uang kepada orang yang misterius maka uang Anda juga akan raib secara misterius. Sekali lagi, pastikan bahwa Private Investigator tersebut bersedia untuk diajak bertemu. Biasanya sebagian besar memang tidak mau diajak bertemu dengan alasan takut dijebak karena mereka itu banyak musuh terkait dengan pekerjaan mereka mengungkap berbagai kasus.

Alasan tersebut tidaklah terlalu tepat karena sebagai seorang Private Investigator yang handal, mereka seharusnya memiliki kemampuan untuk menyeleksi dan membaca calon klien apakah benar-benar calon klien atau orang jahat yang ingin menjebak mereka?

Perhatikan Penjelasannya

Dengarkan penjelasannya. Pada saat ketemuan, dengar baik-baik pendapatnya, analisanya, kesimpulannya, bagaimana ia akan menyelesaikan pekerjaan yang Anda berikan? Disini Anda akan bisa melihat apakah yang diceritakan tersebut logis atau tidak? Masuk akal tidak? Rasional tidak?

Bukan hanya mendengar rekam jejaknya saja atau keberhasilannya dalam mengungkap kasus tapi Anda perlu mendengar pemaparannya bagaimana ia akan menyelesaikan pekerjaan yang Anda berikan. Di sini Anda bisa langsung menilai dan kemudian memutuskan.

Cari Pembanding Agensi Private Investigator

Sebaiknya Anda bertemu dengan beberapa Agency Private Investigator sebagai pembanding. Disarankan bertemu 3 Agency. Dengan begitu, Anda memiliki opsi yang beragam dan bisa memilih mana yang lebih tepat untuk menggunakan jasanya.

97