Home Olahraga Jojo dan Ginting Kejar Kemenangan Demi Melaju ke Semifinal

Jojo dan Ginting Kejar Kemenangan Demi Melaju ke Semifinal

Jakarta, Gatra.com - Gelaran babak penyisihan grup hari terakhir Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2022, berlangsung hari ini, Jumat (9/12). Dua wakil tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie, masih berpeluang untuk lolos ke babak semi final.

Ginting saat ini memuncaki klasemen Grup B usai berhasil memenangkan dua pertandingan sebelumnya. Terbaru, Ginting mengalahkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen, dengan rubber game ketat, 21-14, 12-21, 21-19, yang dipastikan tak akan bisa melaju ke babak selanjutnya.

"Setelah interval game ketiga saya coba nekat saja, bermain berani dan mempercepat tempo. Setelah unggul 20-17, Chou dapat dua angka lalu saya sempat tegang, karena tetap, ya, belum selesai pertandingannya. Setelah itu, sebisa mungkin tidak terpengaruh, bagaimana tetap fokus sama strategi permainan yang sudah diterapkan," jelas Ginting, Jumat (9/12).

Hari ini, Ginting akan berhadapan dengan wakil Singapura, Loh Kean Yeaw. Jika berhasil menang, Ginting dipastikan lolos ke babak semi final.

"Saya tetap tidak mau lengah, mau kasih lagi yang terbaik. Semua pemain pasti tidak mau kalah," ujarnya.

Pertemuan terakhir Ginting dengan Loh terjadi di babak perempat final Hylo Open 2022. Saat itu, Ginting berhasil menang 21-13, 21-14 sekaligus menyamakan head to head kedua pemain menjadi dua sama.

Masih Ada Kesempatan Buat Jojo

Sementara itu, Jojo yang tergabung di grup B bersama Ginting saat ini ada di peringkat kedua. Peluang Jojo juga masih terbuka lebar, asalkan ia berhasil meraih kemenangan straight game atas pemain Taiwan, Chou Tien Chen, di laga hari ini. Sementara bila ia menang rubber game, Jojo harus menunggu hasil antara Ginting vs Loh untuk mengetahui peluang kelolosannya.

"Lawan Chou [Tien Chen] pasti tidak mudah. Menang pun saya belum tentu lolos ke semifinal, tapi setidaknya kesempatan tetap ada. Saya berharap dengan hasil ini, bisa lebih menikmati pertandingan," aku Jojo.

Jojo unggul head to head atas Chou dengan 6-4. Namun dalam tiga pertemuan terakhir keduanya, Jojo harus mengakui keunggulan lawan: pada babak semifinal Kejuaraan Dunia 2022 Jojo kalah tipis 21-14, 11-21, 20-22.

Selain keduanya, lima wakil Indonesia lainnya turut akan berlaga mulai pukul 11.00 WIB. Selain wakil ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang memastikan diri melaju ke babak semifinal, pemain lain masih harus mengejar kemenangan untuk berpeluang merebut tiket ke babak selanjutnya.

Jadwal lengkap pemain Indonesia:

Court 1:

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Match 1)

Chou Tien Chen vs Jonathan Christie (Match 3)

Anthony Sinisuka Ginting vs Loh Kean Yeaw (Match 5)

Court 2:

Akane Yamaguchi vs Gregoria Mariska Tunjung (Match 1)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Match 4)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Thom Gicquel/Delphine Delrue (Match 9)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (Match 10)

73