Home Olahraga Luis de la Fuente Jadi Pelatih Timnas Spanyol, Ini Prestasinya

Luis de la Fuente Jadi Pelatih Timnas Spanyol, Ini Prestasinya

Madrid, Gatra.com - Asosiasi sepak bola Spanyol RFEF mempercayai Luis de la Fuente sebagai pelatih nasional yang baru.

Penunjukan Fuente dilakukan setelah Luis Enrique lengser dari kursi pelatih Tim Matador usai harus angkat kaki lebih cepat di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Brasil vs Kroasia, Tite: Saya Akan Menari

"RFEF telah memilih Luis de la Fuente sebagai pelatih nasional senior yang baru. Laporan untuk penunjukannya kepada dewan direksi RFEF akan dilakukan Senin (12/12) depan," tulis RFEF dalam laman resminya.

Luis de la Fuente selama ini sukses saat menukangi Timnas syunior sejak kedatangannya di RFEF. Pada 2015, Fuente membawa Spanyol juara Eropa bersama tim U-19. Pada 2018, ia memenangkan medali emas di Olimpiade Mediterania bersama tim U-18.

Selanjutnya, pada Juli 2018 ia ditunjuk sebagai pelatih U-21 dan setahun kemudian, pada 2019, dia membawa Spanyol sebagai juara Eropa di Italia. Sang pelatih juga peraih perak Olimpiade di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Manchester United Tumbang di Markas Cadiz

Fuente baru akan melakukan debutnya pada bulan Maret di kualifikasi Euro 2024 di Jerman dan akan mengelola dua pertandingan pertamanya melawan Norwegia dan Skotlandia.

RFEF sendiri sudah mengucapkan terima kasih atas kerja Luis Enrique dan semua staf pelatihnya di kepala tim nasional senior selama beberapa tahun terakhir.

Menurut RFEF, selama ini Enrique berhasil memberikan dorongan baru bagi tim nasional sejak kedatangannya pada 2018, melalui renovasi besar-besaran yang telah mengkonsolidasikan perubahan generasi dalam tim dan sepak bola Spanyol.

70