Home Hiburan Desember: Jam Operasional Baru Hingga Pertunjukan Ensambel Lagu-lagu Natal di Museum MACAN

Desember: Jam Operasional Baru Hingga Pertunjukan Ensambel Lagu-lagu Natal di Museum MACAN

Jakarta, Gatra.com - Menandai dibukanya pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles, Museum MACAN memberlakukan jam operasional baru. Kali ini jam operasional museum menjadi lebih lama yaitu pukul 10:00-18:00 WIB. The Soul Trembles dikurasi oleh Mami Kataoka, Direktur Mori Art Museum, Tokyo menampilkan ratusan karya dari hampir 30 tahun praktik sang perupa sejak tahun 1990an, menggabungkan instalasi berskala besar, patung, video performans, fotografi, dan desain panggung.

Pameran ini mengambil alih seluruh area di museum yang mencakup sejumlah karya ikonis Chiharu Shiota. “Ini adalah pameran tunggal pertama saya di Indonesia. Saya ingin terhubung dengan orang-orang di Jakarta dan membawa mereka merasakan sesuatu yang berbeda dari kehidupan sehari-hari,” ucap Chiharu Shiota mengenai pamerannya ini.

Lahir di Osaka, Jepang, tahun 1972, Shiota menempuh pendidikan di Universitas Kyoto Seika untuk belajar melukis pada tahun 1992. Setelah menjalani tahun formatif di Canberra School of Art dari tahun 1993–1994, di mana ia mengabaikan seni lukis untuk mendalami seni performans dan instalasi, Shiota kemudian menetap di Berlin dari tahun 1999 untuk mengembangkan praktik berkeseniannya di ranah internasional.

Karya Instalasi “An Uncertain Journey” Chiharu Shiota di Museum MACAN (Gatra/Eva Agriana Ali)
Karya Instalasi “An Uncertain Journey” Chiharu Shiota di Museum MACAN (Gatra/Eva Agriana Ali)

Dikenal dengan seri instalasi megah yang terbuat dari benang berwarna merah dan hitam yang membentang ke segala penjuru ruangan, di pameran ini pengunjung akan menjumpai objek-objek metaforis dan sugestif. Selama pameran, museum akan menghadirkan area khusus bagi pengunjung untuk berefleksi, bermain, dan mengambil bagian di dalam sebuah ruangan yang di dalamnya akan dipajang beragam benda serta kisah di baliknya.

Baca Juga: Menelusuri Pengalaman Personal Chiharu Shiota di Museum MACAN

Di program lain, Desember ini, dalam rangka menyambut libur Natal dan akhir tahun yang semakin dekat, Museum MACAN juga menghadirkan pertunjukan ensambel lagu-lagu Natal bersama Sketsa Chamber. Pertunjukan ini dapat dinikmati sembari berkunjung ke museum pada hari Sabtu, 10 Desember 2022 pukul 13:00. Pertunjukan ini GRATIS dengan tiket museum yang berlaku.

Lalu, pada Sabtu-Minggu, 17-18 Desember 2022, pengunjung Museum MACAN akan mendapatkan pengalaman yang berkesan dengan Manual Christmas Market yang menghadirkan beragam produk lokal yang dinikmati setelah berkunjung ke museum dan menjadi inspirasi hadiah akhir tahun. Manual Christmas Market juga dapat dikunjungi secara GRATIS dengan tiket museum yang berlaku.

71