Home Apa Siapa Jokowi Tampil Bak Raja di Mantu Pamungkas, Lautan Massa Sambut Kirab Kaesang - Erina

Jokowi Tampil Bak Raja di Mantu Pamungkas, Lautan Massa Sambut Kirab Kaesang - Erina

Solo, Gatra.com - Presiden Joko Widodo mendapat sambutan meriah, bahkan histeris, dari warga Solo yang tumplek blek menghadiri kirab pengantin Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono, Minggu (11/12).

Kirab 10 kereta kuda digelar dari rumah dinas Wali Kota Solo hingga Pura Mangkunegaran. Menemouh jarak sekitar 2 kilometer, iring-iringan kereta kuda mendapat sambutan meriah dari ribuan warga yang berjubel.

Pantauan Gatra, kereta kuda dinaiki oleh pengantin, Kaesang dan Erina disusul keluarga besar keduanya. Tampak antara lain Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, hingga Ketua MK Anwar Usman yang telah mempersunting adik Jokowi.

Mereka naik kereta kuda dengan pasangan masing-masing di kereta berbeda. Demikian pula keluarga dari pihak Erina. Di ujung iring-iringan ini, kereta kencana Jokowi berada di urutan paling belakang. Kereta ini dinaiki Jokowi bersama istrinya, Iriana, dan cucunya, Jan Ethes.

Jokowi mendapat sambutan paling meriah di setiap kereta kuda melambat. Dia melambaikan tangan, tersenyum, dan sesekali membagikan suvenir dibantu Jan Ethes.

Di depan gerbang Pura Mangkunegaran, kereta Jokowi sempat terhenti. Sorakan warga membahana, ia berdiri dan melambaikan tangan. Jokowi juga sempat turun dari kereta dan berjalan beberapa langkah. Warga berebutan meminta foto.

Sejurus kemudian, pihak protokol meminta Jokowi kembali ke kereta. Jokowi pun balik badan dan kembali ke kereta. Sebelum masuk ke Pura Mangkunegaran, di atas kereta, Jokowi sempat membungkukkan badan. Sebentar dan tak terlalu dalam.

Warga masih terus berteriak dan bersorak mengiringi Jokowi yang masuk ke Pura Mangkunegaran, salah satu dari dua kerajaan di Surakarta.

Dalam catatan Gatra, acara budaya yang melibatkan pihak kerajaan sebelum-sebelumnya tak pernah berlangsung semeriah ini. Padahal, baik Kaesang maupun Erina juga tak tercatat sebagai keluarga, kerabat, dan trah kerajaan manapun.

Sebelumnya Jokowi menyatakan ajang ini upaya untuk melestarikan budaya Jawa. “Kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali,” katanya.

 

81