Home Nasional Bukan Ajang Mencari Bakat, Ini Dia Pemenang MKD Awards 2022

Bukan Ajang Mencari Bakat, Ini Dia Pemenang MKD Awards 2022

Jakarta, Gatra.com- Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menggelar penghargaan MKD Awards 2022. MKD Awards adalah pemberian penghargaan pertama kali di era Ketua MKD DPR Adang Darajatun.

Adang menjelaskan menjelaskan ajang MKD Awards 2022 ini merupakan momen awal dan pertama kalinya. Ia berharap di masa mendatang ajang ini perlu diadakan lagi sebagai bagian dari sistem pengawasan internal.

“Mengawasi perilaku Anggota DPR Ri sebagai tugas MKD tidak hanya dilakukan berdasarkan pengaduan atau peristiwa dengan pelanggaran kode etik, karena itu menempatkan MKD sebagai lembaga yang pasif. Sementara itu, penegakan etik bermakna sebagai bentuk upaya dan berkelanjutan,” kata Adang di Birawa Hall, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (12/12).

Adang mengukuhkan bahwa MKD Awards 2022 bukanlah ajang pencarian bakat atau pemberian kalkulatif sebagaimana penilaian kontestasi lainnya.

Meski demikian, penghargaan tersebut adalah penilaian etis yang akan berdampak pada kinerja kelembagaan DPR RI secara menyeluruh.

“Sebagai pembuktian bahwa mereka yang terpilih sejatinya adalah mereka yang memang sejak awal terpilih oleh rakyat sebagai figur yang mampu menyalurkan suara mereka dalam ruang yang etis, bukan sekedar ruang kalkulatif,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) membuka ajang MKD Awards 2022 menjelaskan bahwa penegakan etika tidak hanya cukup diemban semata-mata oleh kelembagaan MKD.

Menurut Cak Imin, penegakan etika adalah ikhtiar bersama yang didasari atas kesadaran kolektif sebagai wakil rakyat baik secara personal maupun secara institusional.

“Bahu membahu dalam memaknai pentingnya kesadaran etis kelembagaan adalah upaya tidak sederhana, melainkan harus bersinambungan terus menerus, saling menjaga dan mengingatkan,” kata Ketua Umum PKB ini.

Oleh sebab itu, Cak Imin menyampaikan ajang MKD Awards hari ini adalah ajang yang dapat menegaskan bahwa MKD DPR RI senantiasa mengajak seluruh anggota DPR RI untuk membersamai perjuangan penegakan etika kelembagaan.

Cak Imin menyampaikan bagi yang terpilih hari ini, akan menjadi agen-agen penegak etika DPR, keteledanan yang harus dijaga dan terus menjadi kebanggaan semuanya.

“Kita berharap momentum MKD Awards ini akan terus berlanjut dan terus membangun inovasi, membangun kebanggaan dan kebersamaan kita,” tandasnya.

Oleh karena itu, Cak Imin menuturkan suatu saat penegakan etika kelembagaan akan menjadi gairah bersama dan memicu semangat kolektif untik berkontestasi menjadi teladan-teladan bagi rakyat, demokrasi, politik masa depan yang beradab dan bertanggungjawab.

“Selamat kepada MKD Awards, kepada Pimpinan MKD, dan selamat kepada para pejuang-pejuang etika kelembagaan DPR RI. Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa membimbing mensukseskan langkah perjuangan kita. Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, marilah kita buka MKD Awards 2022 secara resmi,” ucapnya.

Berikut ini adalah penerima penghargaan MKD Awards 2022.

1. Fraksi PDI Perjuangan: Masinton Pasaribu, Arya Bima, Ono Surono.
2. Fraksi Partai Golkar: Adies Kadir, Kahar Muzakir, Ahmad Doli Kurnia.
3. Fraksi Partai Gerindra: Andre Rosiade, Novita Wijayanti, Andi Iwan Darmawan Aras
4. Fraksi Partai NasDem: Ahmad Sahroni, Felly Estelita Runtuwene, Taufik Basari.
5. Fraksi PKB: Daniel Johan, Jazilul Fawaid, Luluk Nur Hamidah.
6. Fraksi Partai Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Anwar Hafidz, Irwan.
7. Fraksi PKS: Mahfudz Abdurrahman, Toriq Hidayat, Hidayatullah.
8. Fraksi PAN: Desy Ratnasari, Guspardi Gaus, Zainuddin Maliki.
9. Fraksi PPP: Arsul Sani, Achmad Baidowi, Amir Uskara

245