Home Gaya Hidup Nataru, Arus Mudik di Tol Semarang-Batang Diprediksi Alami Kenaikan

Nataru, Arus Mudik di Tol Semarang-Batang Diprediksi Alami Kenaikan

Kendal, Gatra.com – Semakin membaiknya kondisi pandemi Covid-19, aktivitas dan mobilitas masyarakat juga terus mengalami peningkatan, khususnya pada momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

Kondisi seperti itu sesuai dengan prediksi Badan Kebijakan Tranportasi Kementerian Perhubungan bahwa potensi pergerakan nasional pada perayaan Nataru mencapai 16,35% dari jumlah penduduk. Data pergerakan nasional ini lebih tinggi dibandingkan Nataru tahun lalu sebesar 13%.

Baca Juga: Skenario Rekayasa Lalu Lintas Atasi Kemacetan Jelang Nataru 2023

Diperkirakan puncak arus lalu lintas saat Natal terjadi 23 Desember dan 25 Desember. Sedangkan saat tahun baru pada tanggal 30 Desember dan 1 Januari 2023.

Guna mengantisipasi melonjaknya arus lalu lintas tersebut, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), melakukan persiapan-persiapan pelayanan, termasuk memantau di titik rawan, baik kecelakaan maupun bencana.

Direktur Utama PT JTT, Rudi Kurniadi, mengatakan, pihaknya siap menyambut pemudik yang melalui jalan tol. Kesiapan ini terlihat dari gelar pasukan Satuan Tugas Siaga Operasional Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami ingin memastikan kesiapan pelayanan operasional di Gerbang Yol, Rest Area dan sepanjang tol Trans Jawa yang dikelola oleh PT JTT, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan melakukan pemantauan dan pengendalian titik rawan," kata Rudi Kurniadi, Jumat (16/12).

Dia juga menyampaikan, gelar pasukan Siaga Nataru yang dihadiri oleh jajaran direksi anak perusahaan, para General Manager Representative Office PT Jasamarga Trans Jawa Tol serta pejabat lainnya ini dilaksanakan secara serentak di perwakilan kantor wilayah masing-masing. 

Di wilayah Jawa Barat, gelar pasukan Satgas Nataru diselenggarakan di halaman kantor Representative Office (RO) 1 ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, untuk wilayah Jawa Tengah diselenggarakan di halaman kantor PT Jasamarga Semarang Batang. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur diselenggarakan di halaman kantor PT Jasamarga Surabaya Mojokerto. 

Dalam upaya peningkatan layanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PT Jasamarga Trans-Jawa tol melakukan pengaturan ulang GT Cikampek Utama, fungsional pelebaran ruas Jakarta-Cikampek (km 50-km 60), dan penambahan bukaan u-turn di km 71 jalan tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: Malam Nataru 2023 Jembatan Ampera Ditutup! 684 Personil Diturunkan

Kemudian, penambahan informasi estimated time of arrival (eta) dan rest area pada dms, pemasangan radar traffic counting di ruas tol trans Jawa, pembangunan masjid baru di rest area 207 a, pengaturan ulang rest area 389 b dan rest area 725 a.

Selanjutnya, penambahan derek ruas Jalan Tol Semarang seksi a, b, c, pelebaran akses u-turn ruas Jalan Tol Semarang-Solo, peningkatan kapasitas GT Karanganyar, peningkatan kapasitas GT Madiun, fungsional pelebaran segmen Sidoarjo-Oorong ruas Tol Surabaya-Gempol, dan penambahan unit CCTV ruas Jalan Tol Trans Jawa.

 

88