Home Gaya Hidup Ibas Dukung Taman Karang Sinawung Trenggalek Jadi Tempat Wisata Potensial

Ibas Dukung Taman Karang Sinawung Trenggalek Jadi Tempat Wisata Potensial

Jakarta, Gatra.com - Taman Karang Sinawung merupakan salah satu destinasi wisata di Desa Karanganyar Kecamatan Pule, Trenggalek, Jawa Timur. Taman ini berpotensi atau dapat menjadi cikal bakal ‘hidden gem’ di Trenggalek. Pemandangan alam yang indah dari atas bukit, udaranya yang begitu sejuk, dan terdapat beberapa permainan anak menjadi daya tarik taman ini.

Sesuai arti namanya, Taman Karang Sinawung mampu menjadi pekarangan yang sangat indah di Desa Karanganyar. Namun sayangnya, objek wisata ini belum terfasilitasi dengan baik. Melihat kondisi tersebut, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono pun memberikan bantuan pengawalan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) berupa pavingisasi untuk taman tersebut.

Pria yang akrab disapa Ibas ini berkunjung langsung ke Taman Karang Sinawung pada (19/12/22). Kehadirannya disambut meriah oleh para warga. Menurut Ibas Taman Karang Sinawung dapat menjadi cikal bakal destinasi wisata unggulan Trenggalek jika terus dikembangkan dengan baik.

“Alhamdulillah, Bapak-Ibu sekalian merasa bersyukur, program-program pembangunan di Kabupaten Trenggalek, khususnya di Kecamatan Pule, Desa Karanganyar ini juga telah kami jalankan dengan sebaik-baiknya. Bahkan ternyata di tempat kita beracara ini juga salah satu kawalan program kami, yaitu dengan pembangunan jalan-jalan paving,” ujar Ibas dalam keterangannya, Selasa (20/12/2022).

“Semoga pusat kegiatan yang dilaksanakan di sini tidak hanya untuk tempat rekreasi atau tempat wisata desa, tetapi juga sebagai pusat perekonomian masyarakat desa. Yok sedoyo monggo (semua mari) terus dikembangkan, dipercantik, dimajukan baik secara swadaya maupun dengan dorongan Pemerintah dan pihak lain,” harapnya.

Kepala Desa Karanganyar, Kuslan, mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan Ibas. Menurut dia, taman tersebut rencananya akan dijadikan sebagai pasar rakyat, untuk pujasera, kemudian taman itu diklaim sebagai pusat ekonomi di Desa Karanganyar.

“Di wilayah bawah taman, kami ingin membangun kolam renang anak dan dewasa. Di sisi yang lain nanti kami bangun gedung serbaguna untuk kegiatan masyarakat yang sifatnya massal secara indoor,” imbuhnya.

Melihat proses perubahan Taman Karang Sinawung yang lebih baik dibanding sebelumnya, Ibas pun berharap agar pembangunan taman ini dapat terus berkembang secara maksimal. Ia merasa senang dengan konsep, ide, dan kreativitas yang disampaikan masyarakat dalam rangka mengelola dan memanfaatkan Taman Karang Sinawung.

Masyarakat pun menyambut antusias atas bantuan pavingisasi di Taman Karang Sinawung.

“Saya sebagai masyarakat juga ikut merasakan dan menikmati program PISEW yang sudah diberikan sejak tahun 2020. Saya bahkan pernah tidur di sini saking senangnya. Semoga kedepannya Mas Ibas bisa meneruskan program-program pembangunan yang ada di Desa Karanganyar supaya menjadi desa wisata,” ungkap Nursaid, salah satu petani di Desa Karanganyar.

63