Home Hukum Polri Perkuat Pengamanan di Papua Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Polri Perkuat Pengamanan di Papua Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Jakarta, Gatra.com - Jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperkuat pengamanan di sejumlah wilayah Papua. Sigit mengatakan penguatan itu dilakukan pihaknya usai berkoordinasi dengan Polda setempat terkait peningkatan penyerangan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Tentunya kita dari pusat terus lakukan pengawasan. Kemarin dari hasil koordinasi dengan Kapolda ada beberapa titik yang kita perkuat," ujar Sigit kepada wartawan, Kamis (22/12).

Sigit tidak menjelaskan lebih lanjut ihwal titik Papua mana saja yang telah diperkuat tersebut, termasuk soal apakah ada penambahan personel di wilayah Papua itu. Ia hanya mengatakan penguatan juga dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka pengamanan masyarakat selama momen Nataru.

"Kita ingin baik di wilayah tengah, barat, atau timur, semuanya siaga terpantau. Sehingga seluruh rangkaian, baik yang terkait dengan Nataru maupun hal lain yang biasanya meningkat eskalasi wilayahnya, kita semua dalam kondisi yang siap menghadapi itu," jelasnya.

Sejumlah peristiwa kekerasan sebelumnya terjadi di Papua melibatkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hingga menjadi sorotan publik nasional. Paling anyar, satu warga sipil dilaporkan tewas akibat kontak tembak antara polisi dengan KKB di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (13/12).

Kabid Humas Polda Papua Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan baku tembak terjadi saat anggota Polres Yapen membersihkan palang dan membuka Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera.

Pembukaan jalan dilakukan usai mendapat laporan masyarakat ihwal pemalangan jalan dan pengibaran bendera Bintang Kejora di lokasi tersebut. Kamal menyebut para personel dari Polres Yapen tiba di lokasi pemalangan sekitar pukul 12.20 WIT.

Saat hendak memindahkan dua batang kayu yang dipasang di tengah jalan, KKB langsung melepaskan tembakan ke arah personel. "Pada saat hendak membuka palang, KKB melakukan tembakan dari arah bukit ke arah anggota yang berada di TKP. Akhirnya terjadi kontak tembak," ujar Kamal, Rabu (14/12).

159