Home Apa Siapa Bernard Wibowo, Selebgram Batam yang Sukses Jadi Entrepreneur, Simak Tipsnya!

Bernard Wibowo, Selebgram Batam yang Sukses Jadi Entrepreneur, Simak Tipsnya!

Jakarta, Gatra.com - Harus berani show up jika mau dikenal, itulah prinsip dari Bernard Wibowo, seorang selebgram asal Batam yang kini diperhitungkan berbagai perusahaan. Di usia yang masih terbilang muda, pria berwajah friendly ini juga merupakan seorang pebisnis sekaligus konsultan digital marketing.

Inilah dia kisah dari Bernard Wibowo yang namanya banyak terpampang di internet sebagai sosok inspiratif.

Terlepas dari semua keberhasilan yang diberitakan, pria yang besar Medan ini ternyata pernah alami kondisi yang sulit. Orang tuanya bercerai saat ia masih remaja, ditambah kesulitan secara finansial. Begitu punya kesempatan membalikkan nasib di masa kuliah, pendidikannya terpaksa harus ia relakan karena masalah keterbatasan biaya.

Bernard mengenang, saat itu memilih bekerja siang malam demi membantu perekonomian keluarga. Sambil menjalani hari-harinya, ia membagikan foto-foto serta ulasan makanan. Tak disangka hal tersebut mendapat sambutan baik dari pengguna Instagram. Kini, akun @bernard_huangg berhasil memiliki 126.000 followers.

Disusul akun lainnya, @deliciousbatam juga berhasil menarik sejumlah 66.200 followers.

Keberhasilan kedua akun tersebut ia kelola sendiri dari nol. Mulai dari ide konten, pengeditan, hingga pemantauan akun.

Jadi Selebgram Muda Punya Tantangan Tersendiri

Selama bergelut di bidang digital marketing, ia mendapatkan banyak pengalaman berharga. Bisa dibilang, Bernard Wibowo adalah seorang reviewer makanan yang pemilih. Ia tidak mau sembarangan merekomendasikan makanan di akun @deliciousbatam.

"Tidak semua sayang posting, namun saya kembalikan uangnya dan berikan saran. Saya ingin followers saya mendapatkan rekomendasi jujur,” ujarnya.

Meski niatnya baik, ternyata hal tersebut tidak selalu mendapatkan respon yang positif bagi brand yang mengendorse dirinya.

Dia mengaku, pernah ada yang marah dan minta dikembalikan uangnya beserta ongkos kirim makanan. “Ya sudah saya kembalikan. Yang penting saya sudah jujur. Niat saya hanya ingin membantu agar brand tersebut melakukan peningkatan dulu sambil uangnya saya kembalikan. Nanti bisa kirim lagi ke saya, dan jika sudah sesuai baru saya posting,” terangnya.

Selain itu, dirinya masih terus belajar menambah ilmu terbaru seputar influencer dan digital marketing. Diakui hal tersebut menjadi tantangan tersendiri karena cukup memakan waktu.

Keluarga Tetap Sebagai Prioritas

Untuk menghadapi berbagai tantangan, dirinya mengaku bahwa kehadiran sang istrinya adalah di balik kesuksesannya sekarang.

"Bernard Wibowo yang sekarang ini adalah berkat istriku Novi. Selain mendukung apapun pilihan saya, dia juga yang membuat hidup saya lebih terarah dan makin baik setiap harinya," sahut Bernard dengan antusias.

Tak hanya sayang istri, Bernard Wibowo merupakan seorang ayah yang family time.

"Istriku Novi selalu bilang, 'Uang masih bisa dicari, tapi kenangan tidak bisa dibeli.' Meski padat dengan aktivitas digital marketing maupun usaha, saya selalu menyempatkan diri menemani anak mengobrol dan bermain,” tegasnya.

Bernard Wibowo Asal Batam Bagikan Tips Suksesnya

Meski memiliki followers ribuan, dia tetap melakukan networking. Menurutnya, hal tersebut lebih cepat membawa peluang-peluang tak terduga. Tidak perlu jauh-jauh. Siapa saja tanpa memandang status dia anggap sebagai relasi.

"Diantara tawaran endorse itu ada juga yang tidak jadi karena suatu hal. Namun, dari situ malah jadi kawan," ungkapnya.

Relasi juga ia dapatkan dari hasil membantu UMKM kecil yang membutuhkan promosi namun dananya kurang.

"Tiba-tiba seorang paman yang ponakannya saya tidak terima uang endorse karena masih baru mulai usaha, malah nawarin saya jadi konsultan bisnisnya," ungkapnya lagi.

Jadi, peluang menjadi selebgram itu tidak hanya tentang konten saja. Melainkan harus didukung dengan kemampuan membangun relasi dari manapun, serta bersungguh-sungguh saat ada yang meminta dipromosikan bisnisnya.

79