Home Pendidikan Menag Sebut, UIN Jakarta Sebagai Barometer Keilmuan Islam

Menag Sebut, UIN Jakarta Sebagai Barometer Keilmuan Islam

Jakarta, Gatra.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri acara Ikatan Keluarga Alumni UIN (IKALUIN) Award menyebut Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu Universitas Indonesia yang menghasilkan tokoh-tokoh besar dan cendikiawan muslim di Indonesia.

“Alumni UIN Ciputat ini memiliki jejaring yang kuat dan intelektualitas yang menurut saya tidak perlu diragukan lagi. Kekuatan kultur intelektual yang ada di Ciputat ini menjadi barometer keilmuan, terutama dalam bidang-bidang keislaman. Banyak nama-nama yang luar biasa, salah satunya Harun Nasution yang menjadi nama gedung ini,” ungkap Gus Men di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jumat (23/12) Malam.

Ia pun mengibaratkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta layaknya mercusuar untuk kebesaran keilmuan, baik di bidang keislaman, bahkan keilmuan politik. Sebab, banyak tokoh politik yang juga lahir dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Selain Pak TB Ace, yang merupakan contoh praktisi politik, ada juga pak Fahri Ali, salah satu ahli politik Islam. Jadi saya ibaratkan kalau UIN Syarif Hidayatullah ini bagai mercusuar keilmuan,” katanya.

Gus Men juga mengapresiasi pemberian penghargaan yang diselenggarakan IKALUIN. Ia percaya bahwa penghargaan yang diberikan ini merupakan penghargaan yang pantas diberikan kepada para tokoh yang terpilih.

“Saya yakin award yang diberikan ini benar-benar bagian dari penghargaan atas jasa-jasa besar para tokoh yang memang besar dan membesarkan UIN Syarif Hidayatullah,” jelasnya.

64