Home Kebencanaan Banjir Rendam 2 Kecamatan di Kota Makassar, 239 Korban Terdampak

Banjir Rendam 2 Kecamatan di Kota Makassar, 239 Korban Terdampak

Makassar, Gatra.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar Ahmad Hendra Hakamuddin mencatat dua kecamatan tergenang banjir usai hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang mengguyur sebagian wilayah Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Kecamatan tersebut adalah Manggala dan Biringkanaya. Berdasarkan data terbaru, sejauh ini penyintas banjir sebanyak 67 Kartu Keluarga atau 239 jiwa. Ia mengatakan sudah ada lima titik pengungsian.

Dia mengatakan pihaknya menurunkan 60 personel lapangan, 35 di antaranya adalah tim evakuasi, sementara tim asesemen 15 orang, serta tim medis sebanyak 10 anggota.

Selain banjir, sejumlah pohon pun ikut tumbang dan menyebabkan korban. Ahmad mengatakan upaya pemenuhan dasar korban terdampak pohon tumbang dan banjir dalam bentuk pemenuhan pangan, sandang, air, dan sanitasi.

"Layanan kesehatan telah dilakukan Pemerintah Kota Makassar melalui OPD, TNI dan Polri serta relawan dan organisasi lainnya," ucap Ahmad, Sabtu (24/12).

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini bencana banjir pesisir atau banjir rob di tujuh wilayah di Sulsel.

Peringatan dini banjir pesisir ini berlaku sejak Jumat-Minggu, 23-25 Desember 2022. "Peringatan dini banjir pesisir (ROB). Berlaku tanggal 23-25 Desember 2022," tulis BMKG dalam keterangannya.

Dalam keterangan tersebut, BMKG juga menjelaskan potensi banjir pesisir tersebut dipicu oleh adanya aktivitas pasang air laut dalam skala maksimum yang disertai kondisi gelombang tinggi.

"Adanya aktivitas pasang air laut maksimum disertai kondisi gelombang tinggi yang dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di Utara Australia (1000 hPa) berpotensi memicu terjadinya banjir," tulisnya.

93