Home Pendidikan Kembali Dikukuhkan, UNP Kini Miliki 83 Guru Besar

Kembali Dikukuhkan, UNP Kini Miliki 83 Guru Besar

Padang, Gatra.com - Civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menambah sebanyak 5 orang jumlah Guru Besar dalam berbagai disiplin ilmu di empat fakultas.

Penambahan ini diketahui, berdasarkan hasil Rapat Senat Akademik terbuka UNP dalam Pengukuhan Guru Besar yang baru dari 4 fakultas. Dengan penambahan itu, total Guru Besar di UNP kini sebanyak 83 orang.
"UNP sudah memiliki 83 Guru Besar, dengan target bisa mencapai 100 Guru Besar hingga tahun depan," kata Rektor UNP, Ganefri usai pengukuhan di Auditorium UNP, Sabtu (24/12).

 

 

Dia menyebut, pengukuhan Guru Besar ini bukan sekadar formalitas belaka, namun sebagai upaya UNP meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) intelektual, seiring perkembangan atau tuntutan zaman.

 

Apalagi, lanjutnya, setiap Guru Besar memiliki kepakaran kompetensi yang telah diakui. Kendati berasal dari fakultas dan bidang ilmu yang berbeda, namun Guru Besar ini diyakini membawa energi dan semangat baru untuk UNP ke depan.

 

"Pengukuhan Guru Besar ini ialah periode ketiga di tahun 2022. Sebab bulan Januari dan Agustus lalu, kita di UNP juga telah mengukuhkan para Guru Besar baru," ujarnya.

 

Tak hanya itu, menurut Ganefri, pengukuhan Guru Besar ini memberi makna positif dan penguatan bagi lembaga UNP, untuk berkontribusi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama dan World Class University (WCU).

 

Selain itu, bertambahnya jumlah Guru Besar bakal memberi tambah UNP untuk mempertahankan akreditasi sebagai Perguruan Tinggi Unggul sejak awal tahun 2022. Sekaligus jalan menapaki sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

 

"Karena UNP telah disahkan sebagai kampus PTNH-BH oleh Presiden RI melalui PP No.114 Tahun 2021 lalu," ungkap Ganefri kepada awak media.

 

Diketahui, 5 orang Guru Besar yang baru dikukuhan itu, yakni dari Fakultas Ekonomi (FE) di antaranya Prof.Dr. Erizal Syofyan, S.E,M.Si, AK (bidang Ilmu Akuntansi), dan Prof.Dr.Idris, M.Si (bidang Ilmu Ekonomi Lingkungan).

 

Kemudian, dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), yakni Prof. Drs. M. Fachri Adnan, M.Si, Ph.D (bidang Ilmu Politik). Dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yakni Prof. Dr. Mawardi, M.Si (bidang Ilmu Kimia).

 

Selanjutnya untuk Guru Besar yang dikukuhkan berasal dari Fakultas Teknik (FT), yakni Prof. Rusnardi Rahmat Putra, S.T, M.T, Ph.D. Eng (bidang Ilmu Rekayasa dan Mitigasi Gempa). Semua Guru Besar menyampaikan orasi ilmiahnya masing-masing.

 

Upacara Pengukuhan Guru besar ini dihadiri seluruh anggota Senat Akademik UNP, Pimpinan Majelis Wali Amanat, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur Sekolah Pascasarjana, kepala lembaga dan badan, mahasiswa, serta keluarga besar para Guru Besar yang dikukuhkan. 

 

80