Home Regional Anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng Diminta Lebih Peka di Tahun Politik 2023

Anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng Diminta Lebih Peka di Tahun Politik 2023

Semarang, Gatra.com - Anggota Fraksi PDIP di DPRD Jawa Tengah diminta meningkatkan kepekaan terhadap problematika yang terjadi di masyarakat pada tahun politik 2023

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Bambang Wuryanto menyatakan, akan ada banyak tantangan yang diperkirakan muncul pada tahun depan menjelang Pemilu 2024 sehingga harus meningkatkan kepekaan.

“Saya meminta kepada anggota FPIP DPRD Jawa Tengah meningkatkan kepekaannya terhadap problematika di masyarakat agar bisa merespons dengan cepat dan tepat atas permasalahan yang ada di masyarakat,” katanya dalam rilis, Sabtu (24/12).

Menurut Bambang Pacul panggilan ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) meski anggota DPRD bukan eksekutif yang bisa melakukan eksekusi secara langsung terhadap persoalan yang ada di lapangan, tapi ada dua limitasi minimal tugas wakil rakyat.

Pertama memperjuangkan dan mewujudkan aspirasi dari daerah pemilihan yang diwakilinya dan kedua melakukan tugas di bidang penugasannya yakni di Komisi tempat tugasnya secara optimal.

“Dengan meningkatkan kepekaan, para wakil rakyat akan lebih mampu menemukan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang Pacul menyatakan, peran aktif para wakil rakyat yang tugas utamanya adalah pengawasan, anggaran dan legislasi sangat signifikan.

Pemerintah Provinsi Jateng membutuhkan dukungan dari DPRD dalam pengambilan keputusan dan kebijakan yang akan dibuata.

“Keputusan bisa diambil secara cepat dan mantap kalau sikap dan dukungan legislatif jelas,” katanya.

Kapada para anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng, Bambang Pacul meminta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi Pemilu serentak 2024, dengan melakukan evaluasi secara mandiri atas apa yang menjadi tugasnya.

Evaluasi diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan komunikasi dengan konstituen.

“Karena tantangan yang dihadapi di masa mendatang tidak sama dengan apa yang sudah dilalui, sehingga program yang berhasil dicapai belum tentu tepat untuk dilakukan di masa mendatang,” katanya.

Bambang Pacul yang juga Ketua Badan Pemenanga Pemilu DPP PDIP menambahkan kesuksesan Pemilu bukan hanya tanggung jawab KPU, tapi tanggung jawab bersama termasuk partai politik dan para kadernya.

“Bagi PDIP sukses pesta demokrasi harus terwujud dalam sukses penyelenggaraan dan sukses perolehan suarta partai,” ujarnya.

105

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR