Home BUMN Tutup Tahun, PLN Selesaikan 18 Proyek Ketenagalistrikan di Jawa Bagian Tengah

Tutup Tahun, PLN Selesaikan 18 Proyek Ketenagalistrikan di Jawa Bagian Tengah

Jakarta, Gatra.com - Sepanjang tahun 2022, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) berhasil merampungkan 18 proyek infrastruktur ketenagalistrikan yang terdiri dari jaringan transmisi dan gardu induk. Penyelesaian proyek-proyek ini akan semakin memperkuat keandalan sistem kelistrikan di wilayah Jawa bagian tengah.

Keseluruhan proyek yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) meliputi pembangunan 10 jaringan transmisi sepanjang 332,7 kilo meter sirkit (kms) baik tegangan tinggi maupun tegangan ekstra tinggi. Selain itu, 8 gardu induk baik tegangan tinggi maupun tegangan ekstra tinggi berhasil diselesaikan dengan capaian kapasitas hingga 1.690 Mega Volt Ampere (MVA).

Baca Juga: Pimpin PLN Sebagai Pilar Transisi Energi Nasional, Darmawan Prasodjo Dianugerahi Green Leadership Utama dari Pemerintah RI

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Djarot Hutabri EBS menjelaskan capaian ini merupakan bentuk dedikasi PLN dalam mendukung pembangunan nasional. Dirinya meyakini bahwa infrastruktur ketenagalistrikan menjadi modal utama di tengah situasi pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Terlebih melalui pekerjaan-pekerjaan tersebut mampu menyerap hingga 2.367 tenaga lokal, yang berarti turut membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan khususnya yang berada di wilayah kerja kami,” ungkap Djarot.

Djarot meneruskan, pengoperasiaan proyek-proyek strategis ini akan memiliki dampak yang sangat besar di sektor ekonomi dan bisnis. Oleh karena itu, dirinya mengharapkan dengan hadirnya infrastruktur ketenagalistrikan ini akan semakin menarik investor sehingga akan menggerakan roda perekonomian nasional.

Djarot juga menjelaskan bahwa pembangunan tulang punggung atau “backbone” kelistrikan Pulau Jawa telah selesai dibangun pada tahun ini dan sudah mulai dioperasikan. Jaringan transmisi bertegangan 500 kilo Volt (kV) yang membentang di sepanjang pantai utara Jawa mulai dari Kabupaten Jepara hingga ke Kabupaten Bekasi akan menekan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik sehingga memberikan penghematan yang signifikan. Tentunya pembangunan ini juga akan semakin memperkuat keandalan sistem kelistrikan Jawa Bali.

“Kami juga terus memfokuskan diri dalam penyediaan energi bersih melalui energi baru terbarukan (EBT). Saat ini kami tengah membangun 2 (dua) Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yaitu PLTA Jatigede 2x55 MW yang progresnya kini telah mencapai 93,71%. Selanjutnya juga ada PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 MW yang baru saja melewati tahap groundbreaking,” jelas Djarot.

Djarot kembali menerangkan, di sisi lain, PLN secara akumulatif juga berhasil menyiapkan kebutuhan lahan seluas 16,1 Ha yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Tidak sampai di situ, pengamanan aset kepemilikan tanah juga rampung dikerjakan. Tercatat dalam tahun ini 273 sertifikat tanah atas nama PLN berhasil diraih.

Petugas PLN saat melakukan pengecekan instalasi listrik. (Dok.PLN)

Sementara itu, PLN juga terus menjalankan komitmennya dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Sepanjang tahun ini, PLN UIP JBT melalui program PLN Peduli berhasil melaksanakan 37 program TJSL senilai lebih dari Rp2,9 miliar di bidang pendidikan, sarana dan prasarana air bersih, pengembangan UMKM serta penghijauan berupa penanaman pohon. Adapun program-program tersebut turut disesuaikan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Untuk itu, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder serta masyarakat yang terlibat dan terus mendukung kami dalam penyelesaian proyek-proyek pembangunan. Tidak lupa juga bagi seluruh pejuang kelistrikan yang selalu menghadapi tantangan dalam pelaksanaan pembangunan. Semoga keberhasilan ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan juga seluruh kalangan. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat!,” pungkas Djarot.

75