Home Gaya Hidup Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Jakarta, Gatra.com - Pergantian tahun baru masehi dirayakan secara beragam di berbagai negara. Tahun baru masehi sendiri merupakan hitungan tahun yang baru dalam kalender masehi, atau kalender yang umum digunakan secara universal di seluruh dunia pada saat ini.

Pergantian tahun baru masehi ini biasa dirayakan oleh kelompok masyarakat di seluruh dunia, dengan berbagai macam kegiatan. Berikut beberapa kegiataan perayaan pergantian tahun baru dikutip Antara, di sejumlah negara:

1. Spanyol

Memakan 12 buah anggur. Tradisi ini dilakukan sejak abad ke-19. Dipercaya, dengan memakan 12 anggur, maka dapat menangkal kejahatan dan meningkatkan keberuntungan.

2. Denmark

Tradisi memecahkan piring. Semakin banyak piring yang dirusak, maka semakin banyak keberuntungan yang akan didapatkan. Biasanya, piring yang dipecahkan merupakan piring lama yang disimpan sejak tahun lalu.

3. Yunani

Menjelang tahun baru, biasanya bawang bombay akan nampak digantung di depan rumah masyarakat Yunani. Hal ini dipercaya sebab melambangkan kesuburan, serta pertumbuhan seperti bagaimana bawang tumbuh dengan cepat dari tunasnya.

4. Jepang

Tradisi makan mie soba dilakukan di Jepang sejak zaman Kamakura. Kebiasaan ini diteruskan sebab mie soba melambangkan perpisahan dengan tahun sebelumnya.

Bentuk perayaan tahun baru yang berbeda menunjukkan keberagaman budaya dan kepercayaan di seluruh dunia. Masing-masing memiliki ciri khas dan bentuk kegiatan dalam menyanbut datang ya tahun baru.

93