Home Ekonomi Menparekraf Sambut Wisatawan Pertama Tiba di Indonesia Tahun 2023

Menparekraf Sambut Wisatawan Pertama Tiba di Indonesia Tahun 2023

Jakarta, Gatra.com - Pasangan suami istri asal Toronto, Kanada tiba di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menggunakan pesawat Korean Air dari Incheon, Korea Selatan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut wisatawan pertama yang tiba di Indonesia di tahun 2023. 

“Kemenparekraf mendapatkan kehormatan menerima kunjungan wisatawan mancanegara, pasangan dari Toronto. Mereka akan satu bulan di Indonesia. Mereka juga akan ke Yogyakarta dan beberapa destinasi lainnya,” kata Sandiaga dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Minggu (1/1).

Baca Juga: Sandiaga Uno: Inovasi dan Kolaborasi Sektor Ekraf Sangat Penting

Selain pasangan suami istri asal Kanada, beberapa wisatawan dari Korea Selatan turut mendapat sambutan dari Sandiaga. Ia menyebutkan bahwa adanya pencabutan kebijakan PPKM di seluruh Indonesia diharapkan mampu menjadi lembaran baru bagi kebangkitan pariwisata Indonesia.

Memasuki 2023, kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2023 dihadapkan dengan target yang cukup tinggi. Kunjungan wisatawan mancanegara diharapkan dapat mencapai angka 7,4 juta dan wisatawan nusantara mencapai 1,2-1,4 miliar. 

Sandiaga menyebutkan bahwa Bali menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia yang telah dikenal dengan reputasinya di dunia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Argowisata Tanjung Sakti Jadi Desa Wisata

“Kita berharap Bali khususnya bisa di angka 4 juta. Tahun ini target (wisman ke Bali) yang awalnya 1,8 tercapai dengan 2,2 juta,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam upaya mencapai target kunjungan wisatawan, kerja sama dengan pihak-pihak terkait akan dioptimalkan dengan menyiapkan berbagai program. Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan dengan nature dan culture sebagai daya tarik akan menjadi salah satu fokusnya.  

“Peningkatan aksesibilitas, penambahan atraksi, terutama event juga dilakukan. Event-event besar di tahun 2023 ini banyak (terkait) olahraga ada FIFA World Cup U-20, di Bali ada World Beach Game, di Jakarta ada FIBA World Cup. Jadi ini yang nanti akan kita gunakan strategi untuk menopang peningkatan jumlah wisatawan mancanegara,” paparnya.

Sementara, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) turut menyambut kedatangan wisatawan mancanegara pertama di tahun 2023 di Bali. 

Baca Juga: Pandemi Landai, Sandiaga Uno Akan Buat Paket Wisata Luar Negeri ke Lombok

Ia berharap bahwa ini menjadi awal yang baik untuk pariwisata ke depannya.

“Length of stay (wisatawan) sekarang sekitar 5-7 hari. Kita harapkan bisa lebih, kembali lagi ke masa-masa kejayaan dulu di atas 10 hari. Mudah-mudahan ini adalah awal yang baik bagi masyarakat pelaku pariwisata. Mari kita songsong tahun 2023 dengan penuh harapan, optimisme dan kita bisa bangkit kembali,” katanya.

68