Home Apa Siapa Pulang dari UEA, Gibran Rinci Hibah Rp230 M untuk Apa Saja

Pulang dari UEA, Gibran Rinci Hibah Rp230 M untuk Apa Saja

Solo, Gatra.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka baru saja kembali dari Uni Emirat Arab (UEA) dengan membawa dana hibah dari sana. Sekembalinya dari lawatan ke UEA ini Gibran langsung berkantor di Balai Kota Solo, Senin (2/11).

Ia tiba di Balai Kota Solo sekitar pukul 13.15 WIB. Ia dijemput oleh sopir dan ajudannya dan langsung menuju ke kantor.

”Iya jam 10 pagi dari sana (Dubai). Sampai di Jakarta jam 10 malam. Dari Jakarta jam 11 siang tadi, pesawatnya delay,” kata Gibran.

Ia melawat ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk menerima hibah dari pemerintah tersebut sebesar 15 juta USD. Selain menerima hibah dana, Gibran juga mempelajari toleransi di Universitas Mohammed bin Zayed (MBZ).

Ia mengatakan dana terssebut akan digunakan untuk berbagai kepentingan di Kota Solo. Hanya saja hingga saat ini dana tersebut masih diproses secara administratif di Kementerian Keuangan.

”Tinggal nunggu dari sana. Kemudian dari sana ke Bu Menteri (Kementerian Keuangan). Kalau sudah di Bu Menteri ke sini. Ditunggu wae,” ucapnya.

Saat ditanya prosesnya berapa lama, Gibran mengaku tidak tahu. ”Nunggu dulu. Kita selesaikan administrasinya dulu,” ucapnya.

Rencananya, dana 15 juta US Dollar atau setara Rp230 miliar itu digunakan untuk berbagai macam hal. Melalui aplikasi Whatsapp, Gibran sempat mengungkapkan rinciannya.

Pertama, dana itu digunakan untuk bantuan sosial bagi Kota Solo. Selain itu, dana tersebut akan dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan kesehatan, juga peningkatan fasilitas pendidikan hingga infrastruktur.

Selanjutnya untuk pembangunan Pasar Tunggulsari beserta pasar darurat, peningkatan kualitas jalan lingkungan, bantuan untuk rumah tidak layak huni (RTLH), dan penataan kawasan Baluwarti.

Dana itu juga untuk penyelesaian pembangunan gedung olahraga (GOR) indoor Manahan, peningkatan nutrisi untuk ibu hamil dan balita sebagai pengurangan risiko stunting, bantuan peningkatan fasilitas IT untuk Dinas Pendidikan Kota Solo, hingga penataan kawasan Ngemplak hingga Tirtonadi. ”Tapi itu belum semua,” ucap Gibran melalui Whatsapp.

62