Home Internasional Ribuan Orang Memberi Penghormatan Terakhir Mendiang Paus Benediktus

Ribuan Orang Memberi Penghormatan Terakhir Mendiang Paus Benediktus

Vatikan, Gatra.com - Ribuan orang memberikan penghormatan kepada mantan Paus Benediktus XVI yang disemayamkan di Vatikan. Antrean ribuan orang sudah berbaris rapi sejak fajar menyinsing di tepi Lapangan Santo Petrus Vatikan. Upacara pemakaman direncanakan Kamis mendatang yang dipimpin Paus Fransiskus. Peristiwan ini yang pertamakali dalam sejarah, seorang Paus dimakamkan oleh penerusnya.

Polisi Vatikan mengatakan dalam lima jam pertama sekitar 40.000 orang memberi penghormatan ketika melintasi jenazah yang dikawal sepasang Garda Swiss - pengawal tradisional kepausan.

BBC melaporkan, di barisan paling depan adalah Pastor Alfredo Elnar, 30, dari Filipina. Dia berkata bahwa dia telah mempelajari dan mengagumi tulisan-tulisan teologis dari mantan paus itu, dan berbicara tentang kehampaan sejak kematiannya. Sedikit lebih jauh ke belakang, Suster Marianna Patricevic, seorang biarawati dari Kroasia, berbicara tentang betapa bersyukurnya dia atas semua yang telah dilakukan mendiang paus - mengatakan bahwa tidak ada mata pelajaran yang dia pelajari di universitas di mana mereka tidak membahas pandangannya. Pastor Richard Kunst dari AS, berkata ketika dia melewati jenazah Paus, dia akan berdoa untuknya - tetapi juga untuk keajaiban membantu seorang teman di rumah yang sedang sekarat karena kanker.

 

Banyak dari pelayat  yang hadir di basilika pada hari Senin membuat tanda salib atau berhenti untuk berdoa ketika mereka melewati jenazah mantan Paus - yang telah dipajang tanpa lencana atau regalia kepausan. Yang lain mengambil gambar di ponsel mereka.

Salah satu satu pelayat Mountain Butorac, mengatakan pengalaman itu "indah" dan "rendah hati". Penyelenggara ziarah Katolik mengantri untuk melihat jenazah mantan Paus untuk kedua kalinya, kali ini bersama keluarganya. Dia mengatakan suasananya "suram" tapi "menyenangkan". Dia menggambarkan Benediktus sebagai orang yang "sangat lembut" dan "rendah hati", yang seperti "kakek kepausan" baginya.

Sebelum gereja dibuka untuk umum, Presiden Italia Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Georgia Meloni sudah lebih dulu memberikan penghormatan.

Benediktus XVI menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun pada 2013. Pria kelahiran Jerman ini meninggal pada Malam Tahun Baru pada usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah dia mengundurkan diri karena kesehatan yang buruk.

Jenazahnya akan disemayamkan selama tiga hari dalam peti mati terbuka di Basilika Santo Petrus, dengan orang-orang diperbolehkan memberikan penghormatan sampai pukul 19:00 setiap malam.

74

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR