Home Olahraga Begini Pesan Jokowi Kepada Timnas Indonesia Jelang Semi Final Piala AFF 2022

Begini Pesan Jokowi Kepada Timnas Indonesia Jelang Semi Final Piala AFF 2022

Jakarta, Gatra.com - Indonesia akan menghadapi Vietnam pada pertandingan leg pertama babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1). 

Presiden Joko Widodo berharap Timnas Indonesia dapat bermain fokus saat bertemu Vietnam. Pesan Presiden itu disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, usai meninjau latihan timnas, Kamis (5/1) malam.

"Harapannya sekaligus menjadi harapan Bapak Presiden Joko Widodo, yang dititipkan melalui saya, besok anak-anak kita harus main fokus," kata Menpora.

Baca Juga: Persiapan Lawan Vietnam, Shin Tae-yong: Fokus Latihan Finishing

Selain fokus, kata Amali, pentingnya kerja sama yang solid di dalam tim juga menjadi pesan yang disampaikan. Pemain diminta menjauhkan ego masing-masing dan bermain semata untuk kepentingan tim.

Amali mengaku, dirinya telah mendapat informasi tentang perubahan signifikan dari skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, dalam memaknai kerja tim. Hal tersebut, lanjut Menpora, merupakan catatan penting. Sebab, beberapa pemain sebelumnya kerap menunjukkan kurangnya kerja sama tim di lapangan.

"Mereka akhirnya sudah menyadari (kerja sama tim), bahwa ada perubahan dari anak-anak kita. Kita beri support dan dukungan mereka untuk besok," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Indonesia vs Vietnam, Pelatih sebut Pemain dalam Kondisi Prima

Timnas Indonesia memastikan langkah ke babak semi final Piala AFF 2022 usai mengalahkan timnas Filipina 2-1 pada Senin (2/1) lalu. Hasil ini membawa Timnas Indonesia sebagai runner-up Grup A, menemani Thailand yang berstatus sebagai juara grup.

Status runner-up membuat Timnas Indonesia harus bertemu dengan Timnas Vietnam sebagai juara di Grup B. Setelah leg pertama digelar hari ini, leg kedua akan digelar di My Dinh Stadium, Vietnam, pada Senin (9/1) mendatang.

270