Home Politik Puan Minta Pengurus PDIP Jaga Suara di Dapil Neraka

Puan Minta Pengurus PDIP Jaga Suara di Dapil Neraka

Jakarta, Gatra.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menegaskan kader PDIP yang menjadi anggota legislatif terus memperjuangkan aspirasi rakyat. Ia menyampaikannya dalam bimbingan teknis (bimtek) untuk seluruh anggota DPRD dari Fraksi PDIP.

Bimtek bagi seluruh anggota DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota fraksi PDIP digelar di Grand Paragon Hotel, Jakarta, Senin (9/1). Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beserta jajaran pengurus partai dari tingkat pusat hingga DPC hadir. Turut hadir pula Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP, Bambang Wuryanto.

“Kita memasuki tahun 2023, yang merupakan tahun politik, di mana semua partai politik peserta pemilu 2024 akan melakukan berbagai persiapan dan upaya untuk mendapatkan suara rakyat,” kata Puan.

Ketua DPR RI itu mengingatkan, seluruh kader PDIP harus sudah siap menghadapi Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak pada 27 November 2024. Puan pun merinci alasan dilakukannya keserentakan pemilu dan pilkada tahun depan.

“Keserentakan Pemilu dan Pilkada di tahun yang sama, yaitu tahun 2024, merupakan politik hukum dan kesepakatan politik, yang dimaksudkan untuk setiap jabatan yang dipilih secara langsung oleh rakyat, baik di rumpun eksekutif dan legislatif, akan selaras dalam kurun waktu lima tahunan,” paparnya.

Puan berharap adanya keselarasan penyelenggaraan pembangunan nasional dan pembangunan di daerah.

Puan juga mengingatkan, Megawati telah menetapkan target agar PDIP mencapai kemenangan hattrick, atau tiga kali dalam Pileg dan Pilpres. PDIP yang akan tetap menggunakan nomor urut 3 pada Pemilu 2024 nanti, diyakini sudah berada di jalan yang benar dalam menuju target kemenangan itu.

Meski demikian, Puan meminta semua pengurus partai di daerah untuk waspada, khususnya agar jangan sampai suara di wilayahnya turun di Pileg 2024. Apalagi daerah-daerah yang akan menjadi tempat pertarungan panas atau dapil neraka partai-partai peserta pemilu seperti DKI Jakarta.

“Untuk DKI, PDIP harus bisa kerja lebih keras agar suaranya minimal tetap, dan harusnya bisa bertambah dan jangan sampai turun,” ungkap Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan tersebut.

Selanjutnya, Puan memberi semangat kepada seluruh pengurus PDIP agar tidak lelah berjuang mempersiapkan kemenangan di Pemilu 2024. Ia bahkan menanyakan langsung kesiapan pengurus PDIP beberapa daerah yang berdasarkan survei internal harus memiliki tingkat kewaspadaan lebih.

“Hasil survei tersebut bukanlah kenyataan hasil pemilu, akan tetapi hanyalah sebuah potret yang dilakukan yang belum memasukkan faktor-faktor dari mobilisasi sumber daya setiap partai saat pemilu,” sebutnya.

Puan mengimbau seluruh kekuatan partai yang bertumpu pada 3 pilar agar dapat menjaga teritorial sumber suara dalam pemilu dan tetap menjadi pemilih PDI Perjuangan.

70