Home Internasional Arab Saudi Hapus Pembatasan Covid-19 di Musim Haji 2023

Arab Saudi Hapus Pembatasan Covid-19 di Musim Haji 2023

Mekah, Gatra.com - Kementerian haji dan umrah Kerajaan Arab Saudi akan menghapus pembatasan COVID-19 dalam penyelenggaraan musim haji tahun 2023.

Pada 2019, merupakan tahun terakhir sebelum pandemi melanda, sekitar 2,6 juta orang menunaikan ibadah haji. Pihak kerajaan hanya mengizinkan jumlah terbatas dari penduduknya pada tahun 2020 dan 2021, sebelum menyambut kembali satu juta peziarah asing pada tahun 2022.

Reuters, Senin (9/1) melaporkan, Kementerian Haji mengatakan dalam sebuah Tweet bahwa pihak Kerajaan tidak akan membatasi lagi jemaah di lokasi situs paling suci bagi Islam di Mekkah dan Madinah, termasuk batasan usia pada musim ini.

Baca Juga: Saudi Tambah Kapasitas Haji Tahun Ini Satu Juta Jemaah Seluruh Dunia

Tahun 2022 lalu, akses dibatasi untuk jemaah berusia 18 hingga 65 tahun yang telah divaksinasi lengkap atau diimunisasi virus corona dan tidak menderita penyakit kronis.

Musim haji tahun ini diperkirakan akan dimulai dilaksanakan pada 26 Juni 2023.

Haji merupakan kewajiban sekali seumur hidup bagi setiap umat muslim yang mampu.

Baca Juga: Arab Saudi Buka Haji Tahun Ini dalam Kondisi Khusus

Rencana reformasi ekonomi Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk meningkatkan kapasitas umrah dan haji menjadi 30 juta jemaah setiap tahunnya.

Sekitar 19 juta jemaah ikut serta setiap tahun dalam pelaksanaan umrah, yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, sebelum pandemi.

66