Home Pendidikan SNBP 2023 dibuka, Calon Mahasiswa Segera Buat Akun!

SNBP 2023 dibuka, Calon Mahasiswa Segera Buat Akun!

Jakarta, Gatra.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) resmi dibuka. Tahapan awal Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pun dibuka oleh registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa. Proses registrasi untuk sudah dapat dilakukan pada 9 Januari 2023 lalu sejak pukul 15.00 WIB.

Ketua Umum SNMPB 2023, Mochamad Ashari, menerangkan bahwa registrasi akun SNPMB bagi sekolah akan berakhir pada 9 Februari 2023. Sedangkan, masa pendaftaran registrasi akun SNPMB yang diperuntukkan khusus bagi siswa lulusan 2023 yang akan mengikuti SNBP akan berakhir pada 15 Februari 2023.

"Untuk peserta yang akan mendaftar SNBT, registrasi akun SNPMB dapat dilakukan pada 14-28 Februari 2023," terang Ashari dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/1).

Sedangkan bagi sekolah yang belum memiliki akun SNPMB, diwajibkan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu di portal SNPMB hingga akun teraktivasi melalui email yang didaftarkan.

Namun, untuk sekolah yang memiliki akun SNPMB dapat langsung melakukan login dengan akun yang telah dibuat di portal SNPMB.

"Tahapan selanjutnya, apabila berhasil login adalah memilih menu verifikasi dan validasi, kemudian memilih tombol 'Perbarui Data' dan melakukan validasi data," kata dia.

Kemudian, apabila data sekolah tidak valid, koreksi data perlu dilakukan dan hasilnya dilaporkan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).

"Setelahnya, sekolah dapat melakukan tahapan login kembali dan mengulangi tahapan-tahapan validasi data hingga selesai," paparnya.

47