Home Regional Berstatus Cagar Budaya, Gedung TK & Radio Tertua di Solo Rata dengan Tanah

Berstatus Cagar Budaya, Gedung TK & Radio Tertua di Solo Rata dengan Tanah

Solo, Gatra.com – Taman Putro atau Dalem Tumenggungan roboh dan rata dengan tanah. Padahal bangunan bersejarah ini sudah disahkan sebagai bangunan cagar budaya (BCB) oleh Pemerintah Kota Solo.

Bangunan di Jalan Ronggowarsito, Timuran, Banjarsari, Solo, ini adalah gedung taman kanak-kanak (TK) tertua di Solo. Bangunan ini digunakan sebagai TK sejak 1943 hingga 2014.

Selain sebagai TK, bangunan ini juga lokasi pendirian radio amatir milik pribumi pertama di Indonesia oleh Mangkunegara VII dan koleganya pada 1 April 1933, yakni Solo Radio Vereening (SRV). SRV mengudara pada 5 Januari 1934 sebelum akhirnya surut saat Jepang menduduki Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, Taman Putro ditutupi pagar seng dan tidak bisa diakses. Seorang warga yang tinggal di sekitar gedung itu menjelaskan, selama setengah tahun ini, ada kabar bahwa bangunan ini akan direnovasi oleh pemiliknya.

”Kalau tidak salah dibangun tempat penginapan atau gedung pertemuan,” ucap warga yang enggan disebut namanya itu.

Sebelum direnovasi, beberapa waktu lalu ada pemberian ganti rugi pada 30 KK yang tinggal di kawasan Taman Putro. Mayoritas KK yang menerima ganti rugi ini memiliki hunian kecil. Mereka mendapat ganti rugi Rp30 juta untuk luasan tanah 200 meter.

”Sebelum dikosongkan ada ganti rugi dari pemiliknya. Kalau keluarga saya dapat ganti ke Mojosongo dan uang Rp30 juta. Setelah warga sudah pindah sepertinya baru dibongkar,” ucapnya.

Saat ditanya mengenai bagian pendopo yang hilang, ia tidak mengetahui kapan bagian itu dibongkar. Namun ia memastikan bangunan ini berstatus BCB.

”Pendoponya sudah dibongkar. Padahal ada plakatnya cagar budaya. Dulu letaknya ada di depan pendopo bagian sisi timur,” katanya sembari menunjuk ke lokasi.

Saat hal ini dikonfirmasi ke Kepala Bidang Pelestarian Cagar Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Solo, Sungkono, ia membenarkannya. Bangunan ini ditetapkan sebagai BCB pada 2021 lalu. ”SK-nya keluar tahun 2021 lalu,” katanya.

49