Home Kesehatan RS Siloam Asri Luncurkan Layanan Unggulan Transplantasi Ginjal Pertama di Indonesia

RS Siloam Asri Luncurkan Layanan Unggulan Transplantasi Ginjal Pertama di Indonesia

Jakarta, Gatra.com - RS Siloam Asri meluncurkan Layanan Unggulan Transplantasi Ginjal untuk menjawab kebutuhan pasien akan terapi pengganti ginjal di Indonesia.

Dengan tim multidisiplin yang terdiri dari berbagai spesialis yang berpengalaman dan andal, inovasi teknologi transplantasi ginjal, dan sistem pengelolaan klinis dan operasional dari jaringan Siloam Hospitals, masyarakat Indonesia, dengan begitu, tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan transplantasi ginjal yang optimal dan berkualitas.

RS Siloam Asri telah melakukan 200 operasi transplantasi ginjal mulai dari pertama diperkenalkan pada 2017 dengan 41% pasien berasal dari pulau Jawa dan 59% dari luar pulau Jawa.

Baca Juga: Menkes Ingin Bangun Infrastruktur Kesehatan untuk Jamin Pelayanan BPJS

Pada 2018, RS Siloam ASRI juga telah melakukan teknik retroperitoneal yang lebih aman dan efektif untuk pendonor, di mana tindakan transplantasi dilakukan langsung ke letak ginjal pendonor.

Inovasi teknik dan teknologi terbaru dari RS Siloam Asri mampu mencapai tingkat keberhasilan yang setara dengan kualitas internasional. RS Siloam Asri mencatat tingkat keberhasilan hidup 1 tahun (1-year survival rate) sebesar 95,6% dan tingkat keberhasilan cangkok ginjal 1 tahun (1-year graft survival rate) sebesar 98%.

Sementara, menurut laporan European Renal Association Registry di tahun 2013, rata-rata global untuk tingkat keberhasilan hidup 1 tahun adalah 95,8% dan tingkat keberhasilan cangkok ginjal 1 tahun adalah 98,6%.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Masih Punya Tiga 'PR' untuk 2023, Ini yang Harus Dibenahi

“Sebagai rumah sakit swasta yang aktif melakukan transplantasi ginjal di Indonesia, Siloam Hospitals Group berharap dapat mengembangkan kapasitas kami sebagai pusat transplantasi di masa depan, menggunakan teknik inovatif, keahlian klinis dan riset, serta pendekatan multidisiplin untuk mendapatkan hasil klinis yang berkualitas tinggi,” jelas Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady di Hotel JS Luwansa, Kamis (12/1).

Caroline juga berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah memberikan sertifikasi, semangat dan dukungan, sehingga RS Siloam Asri sebagai rumah sakit swasta yang dapat mewujudkan visi, misi dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia serta berkontribusi kepada bangsa dan negara.

294