Home Gaya Hidup Budidaya Ikan, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan

Budidaya Ikan, Ini Hal Yang Harus Diperhatikan

Jakarta, Gatra.com - Budidaya ikan bisa menjadi pilihan sebagai alternatif atas dampak dari perubahan iklim. Ketua Umum Keluarga Alumni Perikanan (Kerapu) Universitas Diponegoro (Undip), Imza Hermawan menjabarkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan.

"Unsur budidaya ikan hanya ada empat, yaitu ikan, air, pakan, dan manusianya sendiri. Kelihatannya mudah, tujuannya yaitu bagaimana kita mendapat hasil dari sini," ujarnya dalam diskusi bertajuk "Nelayan Menghadapi Krisis Iklim: Quo Vadis Perlindungan Nelayan dan Pembudidaya Ikan Skala Kecil" yang digelar secara daring, Kamis (12/1).

Baca juga: Budidaya Ikan Tambah Manfaat Sumber Air Pertanian

Ia menerangkan bahwa untuk budidaya itu sendiri, ikan menjadi salah satu komoditas yang akan dihasilkan. Untuk itu, penting melihat kualitas bibit sebagai faktor utama dalam melakukan budidaya ikan.

1. Pemilihan Benih

Yang pertama jadi acuan adalah benih. "Tanpa benih yag baik, pakan tidak akan menghasilkan performa pertumbuhan yang kita inginkan. Karena semua mulai dari benih, benihlah yang harus kita kembangkan," jelas Imza.

Menurutnya, pemilihan benih yang baik dan unggul menjadi syarat utama. Dengan benih unggul, maka ikan yang dihasilkan bisa seragam ukurannya, berumur panjang, sehingga bisa menghasilkan.

Baca juga: Konsultasi Budidaya Ikan Secara Online Dengan SiCatfish

2. Kualitas Air

Selanjutnya, kualitas air harus disiapkan. Suhu dan tingkat keasaman air menjadi faktor yang perlu disesuaikan. "Parameter suhu, masalahnya adalah ketika kolam terlalu dangkal atau terlalu dalam. Kalau dangkal, suhu malam dingin, kalau siang panas sekali. Kalau terlalu dalam, air bawah lebih dingin dari air atas, suhu tidak terdistribusi dengan baik," jelasnya.

3. Alkalinitas Air

Imza menambahkan bahwa alkalinitas dalam air juga perlu dicek. Kadar oksigen juga disesuaikan dengan benih ikan, sebab kebutuhan oksigen masing-masing jenis ikan berbeda-beda. "Kadar oksigen di kolam juga perlu dicek. Ikan mas yang rakus oksigen beda dengan lele yang tidak makan banyak oksigen," terangnya.

Baca juga: KKP Pangkas Birokrasi Layanan Budidaya Ikan Lewat Si Kepiting

4. Pemilihan Pakan yang Sesuai

Sementara, dalam hal pakan, ia mengatakan bahwa pemberian pakan harus dalam takaran pas. Untuk itu, pemahaman manusia dalam menjalankan budidaya juga akan berpengaruh terhadap hasilnya.

2565