Home Regional Mangkunegaran Bersolek, Taman Pracima Siap Terima Wisatawan

Mangkunegaran Bersolek, Taman Pracima Siap Terima Wisatawan

Solo, Gatra.com – Pura Mangkunegaran akan mengembangkan wisata baru dengan membuka Taman Pracima. Setelah direnovasi, taman ini diharapkan menjadi daya tarik wisatawan sebagai destinasi baru.

Hal ini disampaikan oleh KGPAA Mangkunegara X pada Jumat (13/1). Rencananya pembukaan akan dilaksanakan pada 21 Januari 2022. ”Tanggal 21 Januari kita akan soft opening terlebih dulu. Belum bisa beroperasi 100 persen,” katanya.

Untuk pembukaan secara penuh akan dilaksanakan secara bertahap. Sebab banyak aspek operasional yang perlu dipersiapkan. Harapannya di bulan Maret bisa dibuka secara penuh.

Rencananya untuk pembukaan Taman Pracima tersebut akan dikemas dengan restoran. Dimana pada restoran ini akan menyajikan kuliner-kuliner khas Mangkunegaran. Di antaranya Dendeng Age, Brukus, Garang Asem dan beberapa makanan lain.

”Dimana yang kami kenalkan makanan yang merupakan kesukaan dari para Mangkunegara terdahulu sebelum saya. Kita ambil dari data-data arsip, kita repackage dan kami kemas lebih menarik. Sehingga bisa dinikmati pengunjung,” ucapnya.

Untuk wisata ini, akan dibuka dengan paket-paket tertentu. Dalam waktu dekat pembukaannya akan dengan skala lebih kecil terlebih dahulu, baru kemudian dioptimalkan di bulan Maret.

”Ada 100-150 orang per hari. Sementara harus by booking. Kami buat paket yang lebih menjaring banyak wisatawan dan pengunjung,” ucapnya.

Saat ini, Mangkunegaran berfokus untuk membahas program-program dan event kebudayaan yang menunjang pariwisata Solo. ”Harapannya dapat menjaring lebih banyak pengunjung di Mangkunegaran. Sekaligus bisa membantu Pemkot Solo agar semakin banyak mengenalkan budaya Jawa,” katanya.

28