Home Politik Cak Imin Soal Proporsional Tertutup: Dukung Pemilu Sesuai Jadwal

Cak Imin Soal Proporsional Tertutup: Dukung Pemilu Sesuai Jadwal

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mendukung Pemilu sesuai jadwal yang telah diputuskan, yakni 14 Februari 2024.

“Menyangkut wacana proporsional tertutup seandainya dilakukan empat tahun sebelum pemilu, barangkali PKB juga akan mendukung. Barangkali,” kata Cak Imin di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (13/1).

Namun demikian, jika proporsional tertutup dijalankan atau diputuskan satu tahun menjelang pemilu itu artinya menghambat proses tahapan pemilu yang sudah berjalan dengan baik.

“PDI-P sudah menegaskan, PKB juga ingin menegaskan bahwa Insya Allah dan kita dukung pemilu sesuai dengan jadwal yang telah diputuskan 14 Februari 2024,” kata Cak Imin di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (13/1).

Cak Imin juga memohon dukungan untuk sikap tersebut agar kepastian Pemilu dapat dijalankan dengan baik, termasuk sistem di dalamnya. Pada dasarnya, PKB berpegang teguh pada keputusan Undang-undang, yakni sistem proporsional terbuka.

Oleh karena itu, Cak Imin menyatakan PKB berharap betul kepada seluruh penyelenggara Pemilu untuk konsisten sesuai jadwal dan berdasarkan keputusan undang-undang.

“Insya Allah kalau kita semua konsisten, Insya Allah demokrasi kita akan matang. Aamiin yaa rabbal alamin,” pungkasnya.

24