Home Nasional Tenaga Kerja Lokal Dilibatkan KKP Dalam Tambak Udang Modern di Kebumen

Tenaga Kerja Lokal Dilibatkan KKP Dalam Tambak Udang Modern di Kebumen

Kebumen, Gatra.com - Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu mengatakan tambak udang berbasis kawasan di Kebumen akan menjadi percontohan yang nantinya dapat direplikasi di daerah lain Indonesia.

“Kita membuat modelling budidaya udang berbasis kawasan, ini yang akan kita coba dorong terus. Alhamdulillah, tahun ini KKP berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen. Pak Bupati terus mendukung," ujar dirjen yang akrab disapa Tebe itu pada Senin (16/01).

Pembangunan tambak udang berbasis kawasan di Kebumen menggunakan pertimbangan ekologi dan ekonomi. Sehingga sasarannya tidak hanya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah, tapi juga kelestarian ekosistem.

Baca juga: Pengasuh Ponpes di Kudus Dipolisikan Kasus Eksploitasi Ekonomi

Selain itu akan ada juga infrastruktur lainnya berupa water intake, saluran outlet, laboratorium, gudang pakan, bangunan pasca panen, rumah genset, rumah jaga tambak, dan jalan produksi.

“Paling pokok, tambak ramah lingkungan sesuai prinsip blue ekonomi. Tidak merusak mangrove, ada water treatment, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), dan tandon. IPAL ini yang paling pokok, sehingga sisa proses budidaya tidak langsung dibuang ke laut, tapi ada treatment. Kita ingin tetap menjaga kondisi ekologi sesuai dengan standar,” lanjut Tebe.

Tebe menambahkan, sebelum tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan dibangun, lokasi ini merupakan lahan kosong dan tambak tradisional eksisting dengan produktivitas 0,6 ton/ha/tahun. Tambak tradisional memiliki bentuk tambak tidak beraturan, serta tidak adanya tandon dan IPAL.

Terobosan-terobosan tersebut kata Tebe, digagas oleh Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk mencapai target sebesar 2 juta ton produksi udang nasional pada 2024.

Awal tahun 2023 ini, KKP melalui DJPB mempersiapkan beberapa program dalam rangka mencapai target tersebut. Dan salah satunya adalah modeling tambak udang yang ada di Kebumen. Diharapkan dengan program-program terobosan yang dilakukan mampu meningkatkan produksi udang sesuai dengan apa yang sudah menjadi target pemerintah.

43