Home Kesehatan Pantau Pembangunan RS Internasional Bali, Puan Harap WNI Tidak Harus Berobat ke LN

Pantau Pembangunan RS Internasional Bali, Puan Harap WNI Tidak Harus Berobat ke LN

Sanur, Gatra.com - Ketua DPR RI Puan Maharani memantau pembangunan Rumah Sakit Internasional Bali atau Bali Internasional Hospital yang berada dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sanur, Denpasar, Bali.

Diketahui, terdapat sejumlah pembangunan yang sedang berlangsung di KEK Sanur. Salah satunya Rumah Sakit Internasional Bali bertaraf dunia yang bekerja sama dengan rumah sakit terbesar di Amerika Serikat, yakni Mayo Clinic.

Tujuan pembangunan Bali Internasional Hospital adalah untuk mendorong wisata kesehatan berkelas internasional di Indonesia. Puan berharap tren kesehatan masyarakat Indonesia dapat berubah dengan adanya rumah sakit ini.

“Kita sudah lama dengar bahwa masyarakat Indonesia yang mampu berobat di luar negeri itu banyak ke Singapura, Malaysia, dan lainnya,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Setiap tahunnya diketahui ada 2 juta orang yang pergi ke luar negeri untuk berobat dan menyebabkan Indonesia kehilangan potensi perputaran uang sekitar Rp 97 triliun.

Puan berharap dengan adanya rumah sakit bertaraf internasional, warga negara Indonesia tidak harus lagi berobat ke luar negeri.

“Dengan adanya RS Internasional Bali nanti kita harap tren itu akan berubah. Sehingga masyarakat Indonesia akan lebih memilih berobat di dalam negeri daripada di luar negeri,” tegas Puan.

Menurutnya, hal ini bukan hanya soal penambahan devisa semata. Namun juga untuk kemajuan dunia kesehatan Indonesia. “Untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu. Bahwa Indonesia yang maju memiliki layanan kesehatan yang berkelas internasional,” tegas cucu Bung Karno itu.

Rumah Sakit Internasional Bali pun nantinya dapat dijadikan paket wisata di Bali. Sebagai destinasi ternama dunia, Bali dinilai akan menambah nilai jual dengan adanya fasilitas kesehatan bertaraf internasional.

“Malah kita ingin warga negara asing yang datang ke Bali, ke Indonesia, untuk berobat sekaligus berliburan menikmati keindahan pulau Dewata. Jadi fisik dan psikis sama-sama sehat,” ungkap Puan.

 

30