Home Teknologi Pedang Cahaya Jedi Tertinggal di Wilayah Tiga Garpu Mars

Pedang Cahaya Jedi Tertinggal di Wilayah Tiga Garpu Mars

Jakarta, Gatra.com- Apa yang Anda lihat pada gambar di atas - lightsaber yang ditinggalkan oleh seorang Ksatria Jedi, tergeletak terlupakan di tengah pasir Tattoine? Lightsaber (atau lightsabre) adalah senjata fiksi dalam dunia Star Wars, terutama digunakan oleh Jedi dan Sith. Bentuknya seperti tabung kecil sepanjang kurang lebih 30 sentimeter dengan sebuah tombol. Bila tombol ini ditekan maka senjata ini akan mengeluarkan energi magnet berbentuk (pedang) cahaya sepanjang 1 meter. Demikian Mars Daily, 13/01.

Ini mungkin terlihat seperti adegan langsung dari Star Wars, tetapi terkadang kehidupan meniru seni. "Lightsaber" yang terlihat sebenarnya adalah tabung sampel sepanjang ~18 cm (~7 inci) yang berisi inti batu yang dibor oleh penjelajah Perseverance NASA, yang dikumpulkan dari Kawah Jezero, Mars, untuk kemungkinan dibawa kembali ke Bumi.

Jauh di masa lalu di galaksi yang jauh, tabung kecil ini dijatuhkan beberapa hari yang lalu pada tanggal 3 Januari 2023, di tempat yang dipilih dengan cermat di wilayah "Tiga Garpu", yang terletak di dalam dasar danau kuno yang kering di permukaan. permukaan planet tetangga Bumi. Tabung ini adalah salah satu dari 10 tabung yang saat ini disimpan dalam proses "pembangunan depot" yang diperkirakan memakan waktu sekitar satu bulan.

Perseverance menghabiskan hampir satu tahun Mars penuh (yaitu 699 sol, atau hari di Mars - ini setara dengan sekitar 687 hari Bumi) mengumpulkan sampel-sampel ini selama "misi utamanya", menggunakan instrumen onboard untuk melakukan analisis robotik terhadap batuan dan atmosfer untuk membantu para ilmuwan. dan para insinyur memutuskan di mana akan mengebor setiap inti.

Sejauh ini, Perseverance telah mengambil dua inti berpasangan selama setiap peristiwa pengambilan sampel, menempatkan satu di tabung cadangan Three Forks (kumpulan sampel) dan menyimpan duplikat di dalam tabung utama yang akan tetap bersama rover saat melanjutkan perjalanannya ke atas delta.

Selama fase misi yang "diperpanjang" ini, lebih banyak sampel akan ditambahkan ke tabung primer, yang akan dibawa Perseverance saat melintasi delta berlanjut. Salah satu tabung akan dikumpulkan dan dikembalikan ke Bumi sebagai bagian dari misi Mars Sample Return (MSR) pada tahun 2031.

Ketika saatnya tiba, pesawat ruang angkasa lain akan terbang dari Bumi ke Mars, mendaratkan Sample Retriever Lander di dekat penjelajah (atau tabung sampel yang dijatuhkan), mengambilnya menggunakan kekuatan - atau Sample Recovery Helicopters yang meniru Ingenuity Mars 2020.

Kemudian meluncurkan koleksi inti dari permukaan dengan Mars Ascent Vehicle, bertemu dengan Earth Return Orbiter Badan Antariksa Eropa, dan akhirnya melakukan perjalanan kembali ke Bumi dalam perjalanan yang akan memakan waktu sekitar 12 parsec - kurang lebih delapan bulan - sehingga para ilmuwan dapat mempelajari hal yang menakjubkan ini sampel di sini di bumi selama beberapa dekade mendatang!

166