Home Apa Siapa Rieka Roslan: Perempuan Harus Jadi Sosok Pintar

Rieka Roslan: Perempuan Harus Jadi Sosok Pintar

Jakarta, Gatra.com - Grup vokal 5 Wanita merilis single berjudul "Wanita". Rieka Roslan yang tergabung dalam grup vokal ini mengatakan bahwa makna wanita berarti bagaimana seseorang mampu memaksimalkan perannya dalam kehidupan.

"Wanita itu menurut saya sudah pasti ibu, teman, kekasih juga, sahabat juga, untuk kehidupan ini, untuk semua apapun bentuk yang Tuhan berikan," ujarnya saat ditemui di Kantor Gatra, Jakarta, Rabu (18/1).

Ia mengatakan bahwa dalam menjalani kehidupan, perempuan juga harus menjadi sosok pintar. Ini menjadi bekal dalam memaksimalkan peran yang dijalani.

"Ibu tugasnya untuk memberi pengertian kepada generasi, kenapa hidup dengan kondisi ini. Perempuan harus pintar, menerangkan sesuatu harus pintar, kalau tidak pakai cara, perempuan harus pintar mendampingi sosok di sebelahnya," jelasnya.

Selain itu, ia menilai bahwa sosok perempuan harus mampu mengenali dirinya sendiri. Hal ini diperlukan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki dan bisa membawa manfaat bagi sekitar.

"Wanita harus pintar melihat dirinya, melihat dirinya seperti apa. Kalau tidak tahu, akhirnya dibuang saja, dia tidak jadi sesuatu," katanya.

Di era globalisasi, Rieka mengatakan bahwa setiap individu perlu menjaga dirinya. Dengan kemampuan yang dimiliki, maka bisa membawa wanita terhindar dari kerugian dan memaksimalkan seluruh ruang untuk membawa seseorang semakin berkembang.

"Sosial media yang semakin canggih, jangan membuat kita jadi lupa bahwa kita harus menyaring semua yang kita kerjakan, karena hanya kita sendiri yang bisa menjaga diri kita sendiri. Yang tahu pakemnya kita bisa atau tidak, ya kita sendiri, jadi kita tidak bisa menjadi orang lain juga, kita harus melihat diri sendiri kapasitas kita seperti apa," pesannya.

Menurutnya, perjuangan wanita selama ini perlu dilanjutkan. Emansipasi yang sudah ada, harus bisa dimaknai dengan jelas bagi seluruh pihak.

Sebagai penulis lagu Wanita, ia berharap bahwa pemaknaan atas keberagaman peran wanita dan apa yang ingin ia sampaikan bisa diterima banyak pihak. Sebagai penyanyi dan penulis lagu, Rieka berharap pesannya bisa mendorong wanita semakin menghargai dirinya masing-masing.

"Mudah-mudahan ini jadi saksi, berkat lagu ini, karya ini, menjadi semangat untuk semua perempuan Indonesia," pungkasnya.

95