Home Regional Tragis! Pria ini Tumbang Bersama Pohon yang Ditebangnya

Tragis! Pria ini Tumbang Bersama Pohon yang Ditebangnya

Tegal, Gatra.com- Nasib Toyip tidak sebaik namanya yang berarti baik (Thoyib). Warga Kelurahan Cabawan, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah itu tewas tertimpa pohon yang sedang ditebangnya.

Peristiwa tersebut terjadi Rabu (18/1) sore sekitar pukul 16.30 WIB di RT 01 RW 03 Kelurahan Cabawan. Berdasarkan keterangan seorang saksi, Ali (42), kejadian bermula ketika korban sedang menebang pohon jati di samping sebuah rumah warga.

Sebelum pohon selesai ditebang, korban naik ke bagian atas pohon untuk menautkan seutas tali tambang dengan tujuan supaya pohon bisa ditarik menjauh dari atap rumah di dekat pohon tersebut.

Nahas, pada saat korban sedang menautkan tali di atas pohon, tiba-tiba pangkal pohon patah sehingga mengakibatkan korban ikut roboh bersama batang pohon dan menimpa atap rumah dengan posisi korban terjepit di antara batang pohon dan atap.

"(Korban) langsung meninggal dunia dengan posisi menggantung terjepit pohon yang roboh menimpa atap rumah," ungkap Ali.

Kejadian tersebut langsung diberitahukan ke warga lain dan diteruskan ke aparat kelurahan. Tak lama kemudian, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cabawan serta warga sekitar mengevakuasi jenazah korban.

Setelah dievakuasi, jenazah korban yang sehari-hari bekerja menjadi petani itu selanjutnya dibawa ke RSUD Kardinah Kota Tegal untuk dilakukan pemeriksaan.

Camat Margadana Ari Budi Wibowo membenarkan adanya kejadian tersebut. “Kejadiannya tadi sore sekitar pukul 16.30,” katanya, Rabu (18/1).

Dia memastikan korban meninggal karena tertimpa pohon yang roboh saat sedang ditebangnya. “Setelah dibawa ke rumah sakit, jenazah diserahkan ke pihak keluarganya untuk dimakamkan,” imbuhnya.

87