Home Ekonomi Mendag Zulhas Minta Bappebti Hadirkan Bursa Kripto Sebelum Juni 2023

Mendag Zulhas Minta Bappebti Hadirkan Bursa Kripto Sebelum Juni 2023

Jakarta, Gatra.com – Menteri Perdagangan (Mndag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengimbau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk meluncurkan bursa kripto sebelum Juni 2023.

"Bursa kripto, mudah-mudahan sebelum Juni launching, bagaimana pun itu diperlukan," kata Zulhas pada Pembukaan Rapat Kerja Bappebti di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Kamis (19/1).

Baca Juga: Bappebti Resmi Hentikan Perdagangan Aset Kripto FTX

Menurut Zulhas, hal ini harus diselesaikan sebelum UU Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan (PPSK) berlaku, atau pengawasan kripto diserahkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini, pemerintah diberikan waktu enam bulan untuk menyusun Peraturan Pemerintah (Permen) berkaitan dengan transisi pengawasan aset kripto kepada OJK.

Baca Juga: RUU PPSK Alihkan Pengawasan Aset Kripto ke OJK, Pengamat Sarankan Bappebti Segera Bebenah Diri

Dia berpesan kepada PLT Ketua Bappebti, Didid Noordiatmoko, untuk mempercepat pembentukan bursa kripto sebelum masa transisi berakhir.

"Saya minta Pak Didid dan seluruh jajaran bekerja keras agar bisa ditunjukkan bahwa Bappebti ini bisa kerja dengan baik, bisa meng-handle persoalan yang berkembang cepat sekarang ini," katanya.

33