Home Nasional Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Jokowi: Gong Xi Fa Cai

Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Jokowi: Gong Xi Fa Cai

Jakarta, Gatra.com - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 bagi masyarakat Indonesia yang merayakan hari tersebut. Dalam ucapannya itu, Jokowi berharap agar tahun kelinci dapat membawakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Tanah Air.

 

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir, yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai," ujar Presiden Joko Widodo, sebagaimana tertulis pada unggahan Instagramnya, Minggu (22/1).

 

Dalam unggahan tersebut, Jokowi juga melampirkan sebuah video singkat yang memuat gambar animasi bertemakan perayaan Imlek. Di mana, terdapat sejumlah ikon khas Imlek di dalamnya.

 

Beberapa di antaranya seperti pergelaran tarian tradisional Barongsai, lampion, serta angpau yang tergantung pada pohon. Adapula gambar kelinci, yang menjadi shio Imlek pada tahun ini.

 

Imlek merupakan salah satu hari besar bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Sejarah perayaan Tahun Baru Imlek diyakini terjadi sejak zaman Dinasti Shang, yakni pada 1600-1046 sebelum masehi (SM), atau sekitar 3500 tahun silam. 

55